INTERAKSI PEMUSTAKA DAN PUSTAKAWAN DI PERPUSTAKAAN
Main Author: | Triwijaya, Dewa Nyoman |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Image Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
IKATAN PUSTAKAWAN INDONESIA NUSA TENGGARA BARAT
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.poltekkes-denpasar.ac.id/307/1/Cover%20Jurnal.jpg http://repository.poltekkes-denpasar.ac.id/307/2/INTERAKSI%20PEMUSTAKA%20DAN%20PUSTAKAWAN%20DI%20PERPUSTAKAAN.pdf http://repository.poltekkes-denpasar.ac.id/307/ |
Daftar Isi:
- Selain menguasai bidang ilmu perpustakaan, pustakawan diharapkan mampu memahami kondisi pemustaka melalui interaksi sosial. Dalam berinteraksi dengan pemustaka, pustakawan dapat menjalankan perannya dengan baik apabila mempunyai kemampuan, keterampilan, serta kompetensi dalam bidang perpusdokindo. Langkah awal dalam melakukan interaksi pada perpustakaan, adalah “Pendidikan Pemustaka”. Yaitu suatu bentuk kegiatan untuk menanamkan pengertian-pengertian dan pengalaman-pengalaman yang bersifat penyiapan mental dan bekal pengetahuan pemustaka (dalam hal ini mahasiswa) dalam lingkup pendayagunaan perpustakaan. Secara teknis, pendidikan ini mencakup pemberian bimbingan, petunjuk atau konsultasi. Pendidikan pemustaka berorientasi pada : 1). Orientasi perpustakaan, 2). Pengenal karateristik pustaka, 3). Membekali pengetahuan & keterampilan dalam pemustakaan perpustakaan, 4). Memberikan rangsangan dan motivasi terhadap pemanfaatan perpustakaan, dan 5). Meyakinkan adanya garis penghubung antara koleksi perpustakaan dengan program studi/program pendidikan. Kata kunci : Pemustaka, Pustakawan, Interaksi, Perpustakaan