PENGARUH METODE CERAMAH DENGAN PEMBERIAN LEAFLET TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG PERAWATAN KEHAMILAN PADA IBU YANG MENGIKUTI KELAS IBU HAMIL

Main Authors: Cinthya Riris, A.A. Istri Dalem, Somoyani, Ni Ketut, Sriasih, NGK
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: JURUSAN KEBIDANAN POLTEKKES DENPASAR , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.poltekkes-denpasar.ac.id/1464/1/JIK%20Vol%201%20Mei%202013%28Leafleat%20Kls%20Hamil%29%29%29009.pdf
http://repository.poltekkes-denpasar.ac.id/1464/
Daftar Isi:
  • Kelas ibu hamil merupakan salah satu program sebagai sarana belajar dan berbagi pengalaman tentang kehamilan dan cara untuk menjadi ibu yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian metode ceramah dengan leaflet terhadap pengetahuan ibu tentang perawatan kehamilan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental one group pretest-posttest design dengan pendekatan waktu prospektif. Penelitian ini telah dilaksanakan pada tanggal 30 Nopember sampai dengan 14 Desember 2012. Data diperoleh dengan cara membagikan kuisioner pada 80 orang responden. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan pada pre dan post diberikan metode ceramah dengan leaflet. Perbedaan yang signifikan dalam pemberian intervensi ini dapat dilihat melalui uji Wilcoxon matched pairs, yaitu nilai p=0,01. Peneliti merekomendasikan kepada seluruh wanita hamil agar mengikuti kelas ibu hamil untuk mengetahui informasi yang tepat tentang kehamilan. Peneliti juga menyarankan kepada para peneliti selanjutnya agar mampu mengembangkan penelitian tentang kelas ibu hamil dengan metode dan uji yang lebih baik. Kata kunci : Kelas ibu hamil, Metode ceramah, Leaflet, Pengetahuan