Analisis Motivasi Belajar Mahasiswa dengan Sistem Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19
Main Authors: | Alam Sur, Widiya Astuti, Hasanah, Minhatul, Mustofa, M.Rochmat |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
IAIN BENGKULU
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/equation/article/view/3464 https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/equation/article/view/3464/2691 https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/equation/article/downloadSuppFile/3464/337 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 terhadap motivasi belajar statistik mahasiswa program studi DIII Akuntansi Politeknik Negeri Tanah Laut. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto yang melibatkan 50 responden yang telah mengikuti perkuliahan Statistika secara daring pada masa pandemi Covid-19. Instrumen penelitian menggunakan kuisioner yang dibagikan melalui link Google Form untuk mengukur motivasi belajar mahasiswa terhadap pelaksanaan pembelajaran daring. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh persamaan regresi untuk motivasi belajar mahasiswa terhadap pelaksanaan pembelajaran daring adalah . Selanjutnya, berdasarkan hasil Uji t diperoleh nilai thitung=4,419yang kemudian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan sistem pembelajaran secara daring berpengaruh positif terhadap motivasi belajar mahasiswa selama masa Pandemi Covid-19. Berdasarkan nilai =0,289, maka sebanyak 28.9% motivasi belajar mahasiswa pada MK Statistik dipengaruhi oleh sistem pembelajaran daring yang dilaksanakan.