PROFIL BERPIKIR KRITIS SISWA MTS BERGENDER PEREMPUAN DALAM MENYELESAIKAN MASALAH

Main Author: Rahayu, Dwi Shinta
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: IAIN Kediri , 2019
Online Access: https://jurnal.iainkediri.ac.id/index.php/factorm/article/view/1586
https://jurnal.iainkediri.ac.id/index.php/factorm/article/view/1586/915
Daftar Isi:
  • Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu ketrampilan Abad 21 yang harus dimiliki siswa untuk menyongsong Revolusi Industri 4.0. Kemampuan ini tidak berkembang alami tapi perlu dilatih, salah satunya melalui penyelesaian masalah matematika berkaitan dengan Pytahagoras. Sementara itu, respons seseorang dalam menyelesaikan masalah dapat dipengaruhi gender. Perempuan lebih handal dalam kemampuan verbal, ketelitian dan kecermatan berpikir dibandingkan laki-laki. Namun, perempuan tidak lebih unggul dalam kemampuan berpikir kritis dan kemampuan visual dibandingkan laki-laki. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan mendeskripsikan profil berpikir kritis siswa MTs bergender perempuan dalam menyelesaikan masalah Pythagoras. Subjek penelitian ini adalah seorang siswa berkemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan wawancara berbasis tugas. Data dianalisis melalui tahap Reduksi Data, Pemaparan Data, dan Penarikan Simpulan. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa 1) subjek berkemampuan matematika tinggi mememenuhi semua kriteria berpikir kritis yaitu Focus, Reason, Inference, Situation, Clarity, dan Overview; 2) subjek berkemampuan matematika sedang memenuhi kriteria Focus, Reason, Inference, Clarity, dan Overview; serta 3) subjek berkemampuan matematika rendah memenuhi kriteria Focus dan Overview.