ANALISIS PEMASARAN IKAN KOI (CYPRINUS CARPIO) DI PASAR IKAN HIAS JALAN SUMENEP JAKARTA PUSAT
Main Author: | REYNALDO SILALAHI |
---|---|
Format: | Book Bachelors |
Terbitan: |
USNI
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.usni.ac.id:80/index.php?p=show_detail&id=254 http://repository.usni.ac.id:80/repository/SKRIPSI+REYNALDO+SILALAHI+021502573125002.pdf |
Daftar Isi:
- Ikan hias merupakan salah satu komoditas perikanan yang bernilai ekonomis tinggi. Dalam usaha ikan hias terdapat dua jenis komoditi yakni ikan hias air laut dan ikan hias air tawar. Salah satu jenis ikan hias yang di gemari adalah ikan koi. Pasar pada bisnis modern merupakan faktor penting yang harus di perhatikan. Kendala yang di hadapi dalam usaha pemasaran ikan koi adalah tiap mata rantai perdagangan merupakan usaha yang beridir sendiri. Penelitian dilakukan dengan tujuan: 1) Menganalisis saluran pemasaran ikan koi di pasar ikan hias Jalan Sumenep Jakarta Pusat. 2) Menganalisis efesiensi saluran pemasaran ikan koi di pasar ikan hias Jalan Sumenep Jakarta Pusat. Penelitian dilaksanakan pada Juli 2017-Maret 2018 di pasar ikan jhias Jalan Sumenep Jakarta Pusat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah saluran 2 memiliki saluran pemasaran yang lebih efisien, disebabkan pedagang langsung membeli ikan koi dari pembudidaya dan memasarkan kepada konsumen sehingga harga beli yang rendah dan harga jual yang tinggi. Semakin ringkas saluran pemasaran maka keuntungan yang diperoleh dari tiap lembaga pemasaran lebih besar. Saluran ke 2 memiliki BCR:1,51, market share 66,7% dan farmer share sebesar 50%. Terdapat dua pola saluran pemasaran ikan koi (Cyprinus carpio) di Pasar Ikan Hias Jalan Sumenep, Jakarta Pusat. Saluran 1 terdiri dari pembudidaya, pengumpul, pedagang, dan konsumen yang memiliki rataan BCR: 1,43. Saluran 2 terdiri dari pembudidaya, pedagang dan konsumen yang memiliki BCR: 1,51. Melihat BCR dari tiap saluran yang BCR ≥ 1 maka status saluran pemasaran layak untuk dikembangkan.