Problematika Madrasah Aliyah Diniyah di Indonesia

Main Author: Ahid, Nur
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Lingkar Studi Ilmu Agama dan Ilmu Sosial (LinkSAS) , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.iainkediri.ac.id/169/1/Sosio-Religia%20vol_8_no_2_februari_2009%20Nur%20Ahid.pdf
http://repository.iainkediri.ac.id/169/
https://www.aifis-digilib.com/uploads/1/3/4/6/13465004/16_nur_ahid.pdf
Daftar Isi:
  • Madrasah Aliyah Diniyah tumbuh dan berkembang di Indonesia, seperti tumbuh dan berkembangnya masyarakat Muslim Indonesia. Ia tumbuh dan berkembang dengan karakteristiknya masing-masing, tanpa adanya buku panduan dan aturan baku dari pemerintah, sehingga berjalan dengan karakteristik dan otoritasnya masing-masing. Kondisi yang demikian ternyata terdapat adanya beberapa problem. Problem Madrasah Aliyah Diniyah di Indonesia adalah: pertama, ijazahnya tidak mendapat pengakutan pemerintah, akibatnya ketika digunakan menjadi PNS atau legislatif ditolak. Solusinya perlu adanya pengakuan dari pemerintah melalui PP dan hindari diskriminasi pengakuan; kedua tidak pernah mendapat bantuan dari pemerintah, akibatnya belajar menggunakan fasilitas apa adanya. Solusinya penyediaan fasilitas belajar yang dibantu oleh pemerintah, seperi halnya membantu kepada SMA/MA/SMK/MAK; dan ketiga, rendahnya kompetensi dan kualitas guru, akibatnya proses belajar mengajar kurang kondusif dan kurang profesional. Solusinya diikutsertakan program S1, workshop, dan pelatihan metodologi pengajaran.