Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi kasus di SMK “KARYA” Kecamatan Wates Kabupaten Kediri Siswa Kelas X Akutansi)
ctrlnum |
997 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.iainkediri.ac.id/997/</relation><title>Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi kasus di SMK “KARYA” Kecamatan Wates Kabupaten Kediri Siswa Kelas X Akutansi)</title><creator>Saniatin, Atik Binti</creator><subject>130304 Educational Administration, Management and Leadership</subject><description>Rendahnya mutu pendidikan di Indonesia banyak ditemukan dari masalah yang berasal di kelas itu sendiri, sehingga guru dalam melaksanakan manajemen kelas pun menjadi prasyarat utama bagi terjadinya proses belajar mengajar yang efektif, Dengan itu, fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana manajemen kelas X Akutansi dari segi perencanaan pembelajaran dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK “KARYA” Kecamatan Wates Kabupaten Kediri? 2) Bagaimana manajemen kelas X Akutansi dari segi pelaksanaan pembelajaran dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam di SMK “KARYA” Kecamatan Wates Kabupaten Kediri? 3) Bagaimana manajemen kelas X Akutansi dari segi evaluasi pembelajaran dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran pendidikan agama Islam di SMK “KARYA” Kecamatan Wates Kabupaten Kediri? 
Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian adalah studi kasus. Adapun data yang didapatkan berasal dari hasil observasi dan hasil wawancara, data primer dan sekunder.

Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) Guru sebelum memulai proses pembelajaran membuat desain pembelajaran, membuat strategi mengajar dan mengembangkan sumber belajar, baik berupa buku, multimedia, ataupun fasilitas. 2) Pelaksanaan pembelajaran dengan menganalisis tindakan-tindakan dalam manajemen kelas, guru dapat merancang metode pembelajaran, mengatur iklim suasana kelas dengan mengatur tempat duduk peserta didik serta. menggunakan media yang memadai dan sesuai. 3) Evaluasi dalam pengajaran tidak semata-mata dilakukan terhadap hasil belajar, tetapi juga dilakukan terhadap proses pengajaran itu sendiri.</description><date>2015</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/997/1/932112211-prabab.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/997/2/932112211-bab1.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/997/3/932112211-bab2.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/997/4/932112211-bab3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/997/5/932112211-bab4.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/997/6/932112211-bab5.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/997/7/932112211-bab6.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/997/8/932112211-DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/997/9/932112211-lampiran.pdf</identifier><identifier> Saniatin, Atik Binti (2015) Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi kasus di SMK “KARYA” Kecamatan Wates Kabupaten Kediri Siswa Kelas X Akutansi). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri. </identifier><recordID>997</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Saniatin, Atik Binti |
title |
Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi kasus di SMK “KARYA” Kecamatan Wates Kabupaten Kediri Siswa Kelas X Akutansi) |
publishDate |
2015 |
topic |
130304 Educational Administration Management and Leadership |
url |
http://etheses.iainkediri.ac.id/997/1/932112211-prabab.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/997/2/932112211-bab1.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/997/3/932112211-bab2.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/997/4/932112211-bab3.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/997/5/932112211-bab4.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/997/6/932112211-bab5.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/997/7/932112211-bab6.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/997/8/932112211-DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/997/9/932112211-lampiran.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/997/ |
contents |
Rendahnya mutu pendidikan di Indonesia banyak ditemukan dari masalah yang berasal di kelas itu sendiri, sehingga guru dalam melaksanakan manajemen kelas pun menjadi prasyarat utama bagi terjadinya proses belajar mengajar yang efektif, Dengan itu, fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana manajemen kelas X Akutansi dari segi perencanaan pembelajaran dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK “KARYA” Kecamatan Wates Kabupaten Kediri? 2) Bagaimana manajemen kelas X Akutansi dari segi pelaksanaan pembelajaran dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam di SMK “KARYA” Kecamatan Wates Kabupaten Kediri? 3) Bagaimana manajemen kelas X Akutansi dari segi evaluasi pembelajaran dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran pendidikan agama Islam di SMK “KARYA” Kecamatan Wates Kabupaten Kediri?
Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian adalah studi kasus. Adapun data yang didapatkan berasal dari hasil observasi dan hasil wawancara, data primer dan sekunder.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) Guru sebelum memulai proses pembelajaran membuat desain pembelajaran, membuat strategi mengajar dan mengembangkan sumber belajar, baik berupa buku, multimedia, ataupun fasilitas. 2) Pelaksanaan pembelajaran dengan menganalisis tindakan-tindakan dalam manajemen kelas, guru dapat merancang metode pembelajaran, mengatur iklim suasana kelas dengan mengatur tempat duduk peserta didik serta. menggunakan media yang memadai dan sesuai. 3) Evaluasi dalam pengajaran tidak semata-mata dilakukan terhadap hasil belajar, tetapi juga dilakukan terhadap proses pengajaran itu sendiri. |
id |
IOS6979.997 |
institution |
IAIN Kediri |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id ptki.onesearch.id |
institution_id |
2572 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan IAIN Kediri |
library_id |
2008 |
collection |
etheses IAIN Kediri |
repository_id |
6979 |
subject_area |
pendidikan ekonomi dan bisnis syariah dakwah |
city |
KOTA KEDIRI |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS6979 |
first_indexed |
2020-02-07T08:06:35Z |
last_indexed |
2021-03-26T11:51:31Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1695295571503349760 |
score |
17.538404 |