ctrlnum 971
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.iainkediri.ac.id/971/</relation><title>Upaya Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Mutu Pendidikan di MTs Negeri Kediri II</title><creator>Anas, Atho' Azwar</creator><subject>130304 Educational Administration, Management and Leadership</subject><description>Peningkatan mutu pendidikan merupakan titik strategis dalam upaya menciptakan pendidikan yang berkualitas. Pendidikan yang berkualitas merupakan salah satu pilar pembangunan bagi suatu bangsa melalui pengembangan potensi. Sebagai kepala sekolah proses pendidikan ditingkat mikro, kepala sekolah mempunyai peran strategis untuk mengembangkan mutu pendidikan demi mewujudkan sekolah-sekolah unggul yang diminati masyarakat. Oleh karena itu peneliti mengambil judul Upaya Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Mutu Pendidikan di MTs Negeri Kediri II dengan fokus penelitian yaitu: 1) Bagaimana upaya kepala sekolah dalam mengembangkan mutu Sumber Daya Manusia. 2) Bagaimana upaya kepala sekolah dalam mengembangkan mutu Sara Prasarana. 3) Bagaimana upaya kepala sekolah dalam mengembangkan mutu Pembelajaran. 4) Bagaimana upaya kepala sekolah dalam mengembangkan mutu Lulusan. 5) Apa faktor pendukung dan penghambat upaya kepala sekolah dalam mengembangkan mutu pendidikan di MTs Negeri Kediri II. Untuk penelitian di atas, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Kata-kata dan tindakan yang diperoleh dari wawancara merupakan sumber data utama dalam penelitian ini, sedangkan data tambahan berupa dokumen-dokumen. Dari beberapa data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi akan dilanjutkan dengan analisa data dengan cara menelaah seluruh data yang diperoleh. Kemudian dilanjutkan dengan mengorganisasikan dan mengurutkan data kedalam pola, ketegori dan satuan uraian dasar terhadap data yang telah terkumpul. Tahap ahir mengadakan pengecekan keabsahan data ketekunan, pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) Upaya kepala sekolah dalam mengembangkan mutu Sumber Daya Manusia adalah melakukan analisis pekerjaan, menyusun formasi guru dan pegawai, memberdayakan guru melalui pelatihan dan workshop, meningkatkan kesejahteraan guru dan karyawan dengan memberikan kelonggaran dan fleksibelitas bagi guru dan staf yang akan menempuh pendidikan. 2) Upaya kepala sekolah dalam mengembangkan mutu Sarana prasarana adalah membuat analisis, perencanaan, pengadaan kebutuhan sarana prasarana, menyediakan sarana prasarana yang lengkap untuk proses belajar mengajar, melengkapi sarana prasarana secara bertahap, Pemantauan kinerja dalam penggunaan dan pemeliharaan sarana prasarana. 3) Upaya kepala sekolah dalam mengembangkan mutu Pembelajaran adalah menerapkan perencanaan dengan melakukan analisis materi pembelajaran, penyusunan kalender pendidikan dan penyusunan prota promes, melengkapi perangkat pembelajaran, Mendorong upaya kreatif dalam proses pembelajaran dengan mengolaborasikan sumbersumber belajar, melaksanakan supervisi pembelajaran. 4) Upaya kepala sekolah dalam mengembangkan mutu lulusan adalah adanya bimbingan yang dilaksanakan pada jam di luar jam belajar sekolah, Adanya motivasi pada peserta didik dalam meningkatkan prestasinya. 5) faktor pendukung dan penghambat upaya kepala sekolah dalam mengembangkan mutu pendidikan adalah: faktor pendukung: Adanya kebersamaan warga sekolah dalam pengelolaan kurikulum dan proses belajar mengajar, adanya sarana prasarana yang menunjang, kuantitas dan kualitas guru. Faktor penghambat: kemampuan siswa berbeda-beda, kurangnya peran serta masyarakat.</description><date>2015</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/971/1/932108711-prabab.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/971/2/932108711-bab1.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/971/3/932108711-bab2.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/971/4/932108711-bab3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/971/5/932108711-bab4.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/971/6/932108711-bab5.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/971/7/932108711-bab6.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/971/8/932108711-DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Anas, Atho' Azwar (2015) Upaya Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Mutu Pendidikan di MTs Negeri Kediri II. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri. </identifier><recordID>971</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Anas, Atho' Azwar
title Upaya Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Mutu Pendidikan di MTs Negeri Kediri II
publishDate 2015
topic 130304 Educational Administration
Management and Leadership
url http://etheses.iainkediri.ac.id/971/1/932108711-prabab.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/971/2/932108711-bab1.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/971/3/932108711-bab2.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/971/4/932108711-bab3.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/971/5/932108711-bab4.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/971/6/932108711-bab5.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/971/7/932108711-bab6.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/971/8/932108711-DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/971/
contents Peningkatan mutu pendidikan merupakan titik strategis dalam upaya menciptakan pendidikan yang berkualitas. Pendidikan yang berkualitas merupakan salah satu pilar pembangunan bagi suatu bangsa melalui pengembangan potensi. Sebagai kepala sekolah proses pendidikan ditingkat mikro, kepala sekolah mempunyai peran strategis untuk mengembangkan mutu pendidikan demi mewujudkan sekolah-sekolah unggul yang diminati masyarakat. Oleh karena itu peneliti mengambil judul Upaya Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Mutu Pendidikan di MTs Negeri Kediri II dengan fokus penelitian yaitu: 1) Bagaimana upaya kepala sekolah dalam mengembangkan mutu Sumber Daya Manusia. 2) Bagaimana upaya kepala sekolah dalam mengembangkan mutu Sara Prasarana. 3) Bagaimana upaya kepala sekolah dalam mengembangkan mutu Pembelajaran. 4) Bagaimana upaya kepala sekolah dalam mengembangkan mutu Lulusan. 5) Apa faktor pendukung dan penghambat upaya kepala sekolah dalam mengembangkan mutu pendidikan di MTs Negeri Kediri II. Untuk penelitian di atas, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Kata-kata dan tindakan yang diperoleh dari wawancara merupakan sumber data utama dalam penelitian ini, sedangkan data tambahan berupa dokumen-dokumen. Dari beberapa data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi akan dilanjutkan dengan analisa data dengan cara menelaah seluruh data yang diperoleh. Kemudian dilanjutkan dengan mengorganisasikan dan mengurutkan data kedalam pola, ketegori dan satuan uraian dasar terhadap data yang telah terkumpul. Tahap ahir mengadakan pengecekan keabsahan data ketekunan, pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) Upaya kepala sekolah dalam mengembangkan mutu Sumber Daya Manusia adalah melakukan analisis pekerjaan, menyusun formasi guru dan pegawai, memberdayakan guru melalui pelatihan dan workshop, meningkatkan kesejahteraan guru dan karyawan dengan memberikan kelonggaran dan fleksibelitas bagi guru dan staf yang akan menempuh pendidikan. 2) Upaya kepala sekolah dalam mengembangkan mutu Sarana prasarana adalah membuat analisis, perencanaan, pengadaan kebutuhan sarana prasarana, menyediakan sarana prasarana yang lengkap untuk proses belajar mengajar, melengkapi sarana prasarana secara bertahap, Pemantauan kinerja dalam penggunaan dan pemeliharaan sarana prasarana. 3) Upaya kepala sekolah dalam mengembangkan mutu Pembelajaran adalah menerapkan perencanaan dengan melakukan analisis materi pembelajaran, penyusunan kalender pendidikan dan penyusunan prota promes, melengkapi perangkat pembelajaran, Mendorong upaya kreatif dalam proses pembelajaran dengan mengolaborasikan sumbersumber belajar, melaksanakan supervisi pembelajaran. 4) Upaya kepala sekolah dalam mengembangkan mutu lulusan adalah adanya bimbingan yang dilaksanakan pada jam di luar jam belajar sekolah, Adanya motivasi pada peserta didik dalam meningkatkan prestasinya. 5) faktor pendukung dan penghambat upaya kepala sekolah dalam mengembangkan mutu pendidikan adalah: faktor pendukung: Adanya kebersamaan warga sekolah dalam pengelolaan kurikulum dan proses belajar mengajar, adanya sarana prasarana yang menunjang, kuantitas dan kualitas guru. Faktor penghambat: kemampuan siswa berbeda-beda, kurangnya peran serta masyarakat.
id IOS6979.971
institution IAIN Kediri
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 2572
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Kediri
library_id 2008
collection etheses IAIN Kediri
repository_id 6979
subject_area pendidikan
ekonomi dan bisnis
syariah
dakwah
city KOTA KEDIRI
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6979
first_indexed 2020-02-07T08:06:35Z
last_indexed 2021-03-26T11:51:31Z
recordtype dc
_version_ 1695295571354451968
score 17.538404