ctrlnum 958
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.iainkediri.ac.id/958/</relation><title>Problematika Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Pusdiklatsus Bahasa Inggris &#x201C;English Club Community&#x201D; dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris (Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah Negeri Purwoasri Kediri)</title><creator>Zahra, Muftiya</creator><subject>130106 Secondary Education</subject><description>Kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan pendidikan yang dilakukan di luar jam pelajaran tatap muka. Di Madrasah Tsanawiya Negeri Purwoasri Kediri, kegiatan ekstrakurikuler Pusdiklatsus bahasa Inggris &#x201C;English Club Community&#x201D; sebagai wadah bagi siswa yang ingin mendalami dan memiliki kemampuan berbahasa Inggris dengan baik. Tujuan penelitian ini: 1) Untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Pusdiklatsus Bahasa Inggris &#x201C;English Club Community&#x201D; dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris di Madrasah Tsanawiyah Negeri Purwoasri Kediri. 2) Untuk mengetahui problematika yang dihadapi guru dan siswa pada pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Pusdiklatsus Bahasa Inggris &#x201C;English Club Community&#x201D; dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris di Madrasah Tsanawiyah Negeri Purwoasri Kediri. 3) Untuk mengetahui cara guru mengatasi problematika yang ada pada pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Pusdiklatsus Bahasa Inggris &#x201C;English Club Community&#x201D; dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris di Madrasah Tsanawiyah Negeri Purwoasri Kediri. &#xD; Pendekatan yang digunakan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus (case study). Sumber data penelitian menggunakan kata-kata dan tindakan, sumber tertulis. Pengumpulan data melalui metode wawancara, metode observasi dan metode dokumentasi. Analisis data bersifat diskriptif kualitatif. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, pemeriksaan sejawat melalui diskusi. &#xD; Berdasarkan hasil penelitian ditemukan: 1) Pelaksanaan kegiatan hari Selasa pukul 13.30 s/d 16.00 WIB. Kadang-kadang pukul 16.30 WIB, materi tenses, menggunakan metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi, diskusi. Tempat di dalam kelas dan di luar kelas, sarana dan prasarana ruang kelas, lapangan, parkiran sepeda, spidol, penghapus, white board, laptop, tape, VCD, mix, salon, papan tulis, buku panduan, alat peraga, kemampuan berbahasa Inggris siswa mengalami kemajuan 30% cukup bagus, evaluasi dilihat dari semua aspek membaca, berbicara, mendengar, menulis, vocab dan tenses, praktek, keaktifan, ulangan harian, remidi, melihat standar nilai. 2) Problem guru, beban moral guru, khawatir setelah menjadi anggota ECC nilai dan akhlak jelek, faktor kelelahan, cuaca, menghadapi anggota yang masuknya tidak rutin, kurangnya sarana, prasarana. Problem siswa kekurangtahuannya bahasa Inggris terutama vocabulary/ kosa kata, kurang berani mengungkapkan pendapat/ ngomong, capek, ngantuk, malas, tidak disiplin, sering jenuh, konsentrasi belajar menurun, susah menguasai tenses. faktor alam seperti mendung, hujan, panas, pengaruh teman negatif, pengaruh media elektronik, kurangnya sarana prasarana, motivasi belajar yang kurang, banyaknya tugas pelajaran lain, adanya kegiatan lain. 3) Cara guru mengatasi problematika yang ada, sabar, memberikan materi dan cara pengajaran yang bervariasi, memberikan perhatian yang fokus, menciptakan inovasi kegiatan pembelajaran, kasih sayang, motivasi dan nasehat, pendekatan personal bila ada siswa yang tidak mengikuti kegiatan, berdoa atas keberhasilan mereka semua dalam belajar bahasa Inggris.</description><date>2015</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/958/1/932106211-prabab.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/958/2/932106211-bab1.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/958/3/932106211-bab2.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/958/4/932106211-bab3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/958/5/932106211-bab4.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/958/6/932106211-bab5.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/958/7/932106211-bab6.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/958/8/932106211-DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/958/9/932106211-lampiran.pdf</identifier><identifier> Zahra, Muftiya (2015) Problematika Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Pusdiklatsus Bahasa Inggris &#x201C;English Club Community&#x201D; dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris (Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah Negeri Purwoasri Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri. </identifier><recordID>958</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Zahra, Muftiya
title Problematika Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Pusdiklatsus Bahasa Inggris “English Club Community” dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris (Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah Negeri Purwoasri Kediri)
publishDate 2015
topic 130106 Secondary Education
url http://etheses.iainkediri.ac.id/958/1/932106211-prabab.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/958/2/932106211-bab1.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/958/3/932106211-bab2.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/958/4/932106211-bab3.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/958/5/932106211-bab4.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/958/6/932106211-bab5.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/958/7/932106211-bab6.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/958/8/932106211-DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/958/9/932106211-lampiran.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/958/
contents Kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan pendidikan yang dilakukan di luar jam pelajaran tatap muka. Di Madrasah Tsanawiya Negeri Purwoasri Kediri, kegiatan ekstrakurikuler Pusdiklatsus bahasa Inggris “English Club Community” sebagai wadah bagi siswa yang ingin mendalami dan memiliki kemampuan berbahasa Inggris dengan baik. Tujuan penelitian ini: 1) Untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Pusdiklatsus Bahasa Inggris “English Club Community” dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris di Madrasah Tsanawiyah Negeri Purwoasri Kediri. 2) Untuk mengetahui problematika yang dihadapi guru dan siswa pada pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Pusdiklatsus Bahasa Inggris “English Club Community” dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris di Madrasah Tsanawiyah Negeri Purwoasri Kediri. 3) Untuk mengetahui cara guru mengatasi problematika yang ada pada pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Pusdiklatsus Bahasa Inggris “English Club Community” dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris di Madrasah Tsanawiyah Negeri Purwoasri Kediri. Pendekatan yang digunakan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus (case study). Sumber data penelitian menggunakan kata-kata dan tindakan, sumber tertulis. Pengumpulan data melalui metode wawancara, metode observasi dan metode dokumentasi. Analisis data bersifat diskriptif kualitatif. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan: 1) Pelaksanaan kegiatan hari Selasa pukul 13.30 s/d 16.00 WIB. Kadang-kadang pukul 16.30 WIB, materi tenses, menggunakan metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi, diskusi. Tempat di dalam kelas dan di luar kelas, sarana dan prasarana ruang kelas, lapangan, parkiran sepeda, spidol, penghapus, white board, laptop, tape, VCD, mix, salon, papan tulis, buku panduan, alat peraga, kemampuan berbahasa Inggris siswa mengalami kemajuan 30% cukup bagus, evaluasi dilihat dari semua aspek membaca, berbicara, mendengar, menulis, vocab dan tenses, praktek, keaktifan, ulangan harian, remidi, melihat standar nilai. 2) Problem guru, beban moral guru, khawatir setelah menjadi anggota ECC nilai dan akhlak jelek, faktor kelelahan, cuaca, menghadapi anggota yang masuknya tidak rutin, kurangnya sarana, prasarana. Problem siswa kekurangtahuannya bahasa Inggris terutama vocabulary/ kosa kata, kurang berani mengungkapkan pendapat/ ngomong, capek, ngantuk, malas, tidak disiplin, sering jenuh, konsentrasi belajar menurun, susah menguasai tenses. faktor alam seperti mendung, hujan, panas, pengaruh teman negatif, pengaruh media elektronik, kurangnya sarana prasarana, motivasi belajar yang kurang, banyaknya tugas pelajaran lain, adanya kegiatan lain. 3) Cara guru mengatasi problematika yang ada, sabar, memberikan materi dan cara pengajaran yang bervariasi, memberikan perhatian yang fokus, menciptakan inovasi kegiatan pembelajaran, kasih sayang, motivasi dan nasehat, pendekatan personal bila ada siswa yang tidak mengikuti kegiatan, berdoa atas keberhasilan mereka semua dalam belajar bahasa Inggris.
id IOS6979.958
institution IAIN Kediri
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 2572
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Kediri
library_id 2008
collection etheses IAIN Kediri
repository_id 6979
subject_area pendidikan
ekonomi dan bisnis
syariah
dakwah
city KOTA KEDIRI
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6979
first_indexed 2020-02-07T08:06:35Z
last_indexed 2021-03-26T11:51:31Z
recordtype dc
_version_ 1695295571273711616
score 17.538404