Daftar Isi:
  • Dalam kegiatan belajar mengajar yang dilakukan siswa tidak selalu lancar seperti apa yang diharapkan. Kadang-kadang mereka mengalami kesulitan atau hambatan dalam belajar. Berbagai kesulitan atau hambatan yang dihadapi siswa adalah masih banyak ditemui kesulitan siswa dalam membaca Al-Qur’an. Oleh karena itu peneliti ingin mencoba mengungkap bagaimana upaya guru PAI dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an siswa di SMP Negeri 1 Semen Kediri. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kesulitan siswa dalam membaca Al-Qur’an di SMP Negeri 1 Semen Kediri Tahun 2014/2015? 2) Bagaimana upaya guru PAI dalam mengatasi kesulitan siswa dalam membaca Al-Qur’an di SMP Negeri 1 Semen Kediri Tahun 2014/2015? Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Jenis data dalam penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu data tertulis dan tidak tertulis. Seluruh data diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penyimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi. Dari penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh hasil penelitian yaitu 1) Kesulitan siswa dalam membaca Al-Qur’an di SMP Negeri 1 Semen Kediri Tahun 2014/2015 adalah kesulitan dalam melafalkan huruf hijaiyah, kesulitan dalam hal kelancaran membaca Al-Qur’an dan Penguasaan ilmu tajwid. 2) Upaya guru PAI dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an di SMP Negeri 1 Semen Kediri Tahun 2014/2015 adalah mengadakan bimbingan membaca Al-Qur’an secara intensif, melaksanakan program sekolah yaitu pengembangan diri yang di dalamnya terdapat adanya bimbingan untuk peserta didik yang mengalami kesulitan membaca Al-Qur’an, guru bekerja sama dengan orang tua wali murid dan guru-guru lainnya untuk memotivasi anak agar semangat belajar, menciptakan kondisi yang baik pada waktu proses belajar mengajar dengan metode yang menarik.