ctrlnum 900
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.iainkediri.ac.id/900/</relation><title>Upaya Guru Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MTs N Mojoroto Kota Kediri Tahun 2015</title><creator>Astuti, Puji</creator><subject>130305 Educational Counselling</subject><description>Pada umumnya siswa MTsN Mojoroto Kota Kediri ini motivasi belajar sejarah kebudayaan Islam masih rendah. Sudah terbukti saat pelajaran berlangsung masih ada beberapa siswa yang ramai sendiri, mengganggu temannya, bahkan tidur di kelas. Fokus penelitian ini bertujuan mengetahui motivasi belajar siswa, mengetahui upaya guru sejarah kebudayaan Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, dan mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat upaya guru sejarah kebudayaan Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.&#xD; Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data, wawancara, observasi, dokumentasi, analisis data dan pengecekan keabsahan data. Seluruh data diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara menelaah seluruh data yang ada dan reduksi data.&#xD; Hasil penelitian ini, yaitu 1) motivasi belajar siswa yaitu masih rendah terbukti saat pelajaran berlangsung masih ada beberapa siswa yang ramai sendiri, mengganggu temannya, bahkan tidur di kelas. 2) upaya guru sejarah kebudayaan Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa diantaranya: dengan pemberian tugas/membuat ringkasan, melalui pemberian reward (hadiah), menerapkan metode yang bervariatif dan menerapkan media pembelajaran yang inovatif. 3) faktor pendukung upaya guru sejarah kebudayaan Islam dalam meningkatkan motivasi meliputi: a) Adanya fasilitas yang memadai, b) Adanya kebebasan bagi guru sejarah kebudayaan Islam dalam meningkatkan motivasi. 4) Faktor penghambat upaya guru sejarah kebudayaan Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa: a) Kurangnya kesadaran dari siswa untuk belajar, b) Kurangnya dukungan atau motivasi dari orang tua atau pihak keluarga.</description><date>2015</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/900/1/932102211-prabab.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/900/2/932102211-bab1.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/900/3/932102211-bab2.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/900/4/932102211-bab3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/900/5/932102211-bab4.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/900/6/932102211-bab5.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/900/7/932102211-bab6.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/900/8/932102211-DaftarPustaka.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/900/9/932102211-lampiran.pdf</identifier><identifier> Astuti, Puji (2015) Upaya Guru Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MTs N Mojoroto Kota Kediri Tahun 2015. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri. </identifier><recordID>900</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Astuti, Puji
title Upaya Guru Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MTs N Mojoroto Kota Kediri Tahun 2015
publishDate 2015
topic 130305 Educational Counselling
url http://etheses.iainkediri.ac.id/900/1/932102211-prabab.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/900/2/932102211-bab1.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/900/3/932102211-bab2.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/900/4/932102211-bab3.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/900/5/932102211-bab4.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/900/6/932102211-bab5.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/900/7/932102211-bab6.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/900/8/932102211-DaftarPustaka.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/900/9/932102211-lampiran.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/900/
contents Pada umumnya siswa MTsN Mojoroto Kota Kediri ini motivasi belajar sejarah kebudayaan Islam masih rendah. Sudah terbukti saat pelajaran berlangsung masih ada beberapa siswa yang ramai sendiri, mengganggu temannya, bahkan tidur di kelas. Fokus penelitian ini bertujuan mengetahui motivasi belajar siswa, mengetahui upaya guru sejarah kebudayaan Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, dan mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat upaya guru sejarah kebudayaan Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data, wawancara, observasi, dokumentasi, analisis data dan pengecekan keabsahan data. Seluruh data diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara menelaah seluruh data yang ada dan reduksi data. Hasil penelitian ini, yaitu 1) motivasi belajar siswa yaitu masih rendah terbukti saat pelajaran berlangsung masih ada beberapa siswa yang ramai sendiri, mengganggu temannya, bahkan tidur di kelas. 2) upaya guru sejarah kebudayaan Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa diantaranya: dengan pemberian tugas/membuat ringkasan, melalui pemberian reward (hadiah), menerapkan metode yang bervariatif dan menerapkan media pembelajaran yang inovatif. 3) faktor pendukung upaya guru sejarah kebudayaan Islam dalam meningkatkan motivasi meliputi: a) Adanya fasilitas yang memadai, b) Adanya kebebasan bagi guru sejarah kebudayaan Islam dalam meningkatkan motivasi. 4) Faktor penghambat upaya guru sejarah kebudayaan Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa: a) Kurangnya kesadaran dari siswa untuk belajar, b) Kurangnya dukungan atau motivasi dari orang tua atau pihak keluarga.
id IOS6979.900
institution IAIN Kediri
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 2572
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Kediri
library_id 2008
collection etheses IAIN Kediri
repository_id 6979
subject_area pendidikan
ekonomi dan bisnis
syariah
dakwah
city KOTA KEDIRI
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6979
first_indexed 2019-12-17T07:42:59Z
last_indexed 2021-03-26T11:51:28Z
recordtype dc
_version_ 1695295570769346560
score 17.538404