Daftar Isi:
  • Dakwah kesenian Al-banjari adalah cara menyampaikan ajaran Islam kepada umatnya yang menggunakan kesenian musik hadrah Al-banjari. Seperti pelaksanaan ekstra Al-banjari di MTs Plus Madinatul Mubtadi-Ien Desa Badal Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri, dapat menjadikan siswa-siswinya lebih baik dalam hal akhlak, budi pakerti, dan juga syari’ah yang dimiliki masing-masing siswa. Perilaku keagamaan adalah tinggi rendahnya pengetahuan keagamaan yang dilihat dari tingkat kesalehan dan tidak salehnya siswa-siswi yang diukur dari keyakinannya, praktek agama, pengamalan, pengetahuan keagamaan, pengalaman. Hadrah Al-banjari sangat berpengaruh pada perilaku keagamaan sebab dengan bersholawat seseorang akan merasa hatinya tenang dan merasakan kedamaian di dalam hatinya, dengan hal itu siswa – siswi, tanpa adanya paksaan akan meningkatkan keagamaannya untuk lebih dekat lagi dengan Allah SWT. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dakwah kesenian al-banjari terhadap perilaku keagamaan murid MTs Plus Madinatul Mubtadi-Ien Desa Badal Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif, dengan menggunakan metode survey, populasinya sebanyak 74 siswa – siswi. Metode pengumpulan data berupa angket, wawancara, pengamatan, dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan skala dakwah kesenian Al-banjari yang meliputi: dakwah yang mengandung muatan akidah, dakwah yang mengandung muatan syari’ah, dakwah yang mengandung budi pekerti atau akhlakul karimah. Skala perilaku keagamaan, yang meliputi: keyakinan, praktek agama, pengamalan, pengetahuan keagamaan, pengalaman. Peneliti menganalisis data mengunakan rumus Regresi Linier dengan bantuan SPSS 16.0 For Windows. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh temuan: (1) Dakwah kesenian Al-banjari MTs Plus Madinatul Mubtadi-Ien Desa Badal Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri tergolong sedang, hal ini diperoleh dari True Score dengan mean 52,34 dikategorikan sangat tinggi, dilanjutkan dengan diagram pie 41% diperoleh sedang. (2) perilaku keagamaan MTs Plus Madinatul Mubtadi-Ien Desa Badal Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri tergolong sedang, hal ini diperoleh dari True Score dengan mean 76,93 dikategorikan tinggi, dilanjutkan dengan diagram Pie 33% diperoleh sedang. (3) Dari uji hipotesis menggunakan rumus Regresi Linier dengan bantuan SPSS 16.0 For Windows diperoleh koefisient determinasi sebesar 0,036, yang menunjukkan terdapat pengaruh antara dakwah kesenian Al-banjari dengan perilaku keagamaan dan 64% dipengaruhi faktor lain, seperti pelajaran keagamaan, dan ekstra keagamaan lainnya yang ada di sekolah MTs Plus Madinatul Mubtadi-Ien.