Daftar Isi:
  • Pada umumnya iklan kosmetika di media cetak atau media elektronik, visualisasi pengiklan dengan penampilan wanita berparas cantik yang berpakaian minim. Namun tidak demikian dengan iklan kosmetik wardah versi lightening series, bintang iklannya adalah Inneke Koesherawati dan Marsyanda seorang artis wanita cantik yang mengenakan hijab sebagai penutup aurat sesuai dengan ajaran Islam. Berdasarkan latar belakang pemikiran tersebut maka masalah yang ingin diungkapkan dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui representasi muslimah yang ditampilkan dalam iklan wardah versi” lightening series’’. Penelitian ini menggunakan metode analisis semiotika dengan pendekatan John Fiske. Secara umum John Fiske meneliti bagaimana tanda dari iklan disajikan, dalam konsep John Fiske terdapat tiga tahap yang dilakukan untuk menganalisis tanda pada film yaitu: (1) Reallity, (2) Representasi (3)Idiology. Analisis data meliputi tahapan antara lain mengumpulkan teks, menelaah data dari berbagai sumber, menganalisa data sesuai dengan model semiotika John Fiske, penarikan kesimpulan. Dari penelitian ini diperoleh hasil penelitian sebagai berikut : bahwa dalam iklan wardah versi “ lightening series “ menggambarkan representasi wanita muslimah modern yang dalam kesehariannya kurang sesuai dengan syariat Islam. 1) Bentuk hijab yang digunakan oleh icon iklan wardah versi lightening series merupakan hijab modern yang tidak menutupi bagian dada. 2) Menggunakan ikat kepala/inner yang menyerupai punuk onta. 3) Menampakkan bentuk leher saat menggunakan hijab. 4) Terdapat label halal pada kemasan produk wardah.