Pesan Dakwah Dalam Film 3 Idiots (Studi Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure)
Daftar Isi:
- 3 Idiots merupakan film India yang dirilis pada tahun 2009, dan menjadi film terlaris sepanjang sejarah Bollywood. 3 Idiots juga berhasil meraih berbagai macam penghargaan film Internasional. Diadaptasi dari novel best seller karya Chetan Bhagat dengan judul “Five Point Someone”, film ini mengusung beberapa kritik sosial dan budaya, utamanya mengkritisi nilai-nilai sosial yang hidup di masyarakat pada umumnya yang mana hal ini dapat mencerminkan pesan dakwah Islam. Berdasarkan latar belakang pemikiran tersebut, maka penelitian ini bermaksud untuk mengetahui tanda apa saja yang mengindikasikan adanya pesan dakwah Islam di dalam film 3 Idiots dan apa saja pesan dakwah Islam yang terkandung dalam film dalam film 3 Idiots. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis semiotika pendekatan Ferdinand De Saussure. Secara umum di dalam konsep semiotika Ferdinand De Saussure terdapat tiga pandangan mengenai tanda, yaitu: (1) Signifier (penanda) dan Signified (petanda), (2) Langue (struktur/sistem abstraksi bahasa), Parole (tuturan, ujaran); (3) Syntagmatic (sintagmatik) dan Associative (paradigmatik). Sedangkan analisis pesan dakwah dilakukan untuk melihat pesan-pesan dakwah Islam yang muncul dalam film 3 Idiots. Analisis data meliputi tahapan antara lain: mengumpulkan data (teks, audio, visual), menelaah data dari berbagai sumber, menganalisa tanda sesuai dengan model semiotika Ferdinand De Saussure, mengklasifikasikannya ke dalam cakupan pesan dakwah, penarikan kesimpulan. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa di dalam film 3 Idiots terdapat sepuluh pesan dakwah yaitu: 1) Pesan spiritual. 2) Pesan penghargaan terhadap suatu jasa. 3) Pesan moralitas. 4) Pesan persaudaraan. 5) Pesan pendidikan. 6) Pesan solidaritas. 7) Pesan toleransi. 8) Pesan kerukunan antar umat beragama. 9) Pesan kesabaran. 10) Pesan hukum minum-minuman keras dan hukum mencuri.