ctrlnum 823
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.iainkediri.ac.id/823/</relation><title>Strategi Guru Aqidah Akhlak Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Man Kediri II Kota Kediri Tahun Ajaran 2014/2015</title><creator>Rusiana, Ani</creator><subject>130305 Educational Counselling</subject><description>Guru sebagai pendidik tidak hanya menyampaikan materi pelajaran, tetapi juga harus mendidik dan membimbing siswa agar materi yang disampaikan dapat dipahami dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui strategi yang diterapkan guru Aqidah Akhlak untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MAN Kediri II Kota Kediri. 2) mengetahui bentuk peningkatan motivasi belajar siswa di MAN Kediri II Kota Kediri. 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MAN Kediri II Kota Kediri.&#xD; Pendekatan ini adalah kualitatif. Metode pengumpulan datanya: wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik diskriptif. Dengan tiga cara yaitu reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan perpanjangan kehadiran, keajegan pengamatan dan triangulasi.&#xD; Hasil penelitian yaitu: 1) Strategi yang digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa adalah menyampaikan tujuan pembelajaran Aqidah Akhlak, penggunaan beberapa metode yaitu (metode ceramah, diskusi, kerja kelompok, tanya jawab, hafalan, resitasi), pemberian motivasi, penggunaan media, penilaian dan hukuman 2) Bentuk peningkatan motivasi belajar siswa yaitu siswa antusias mengikuti pembelajaran Aqidah Akhlak, siswa aktif di kelas sering bertanya ketika diskusi, siswa mengerjakan tugas yang diberikan guru. 3) Faktor pendukung dalam meningkatkan motivasi belajar siswa adalah lingkungan yang nyaman, tenang dan aman, kondisi peserta didik yang stabil, adanya fasilitas (media dan sumber belajar) yang lengkap seperti : LCD, akses internet yang mudah, LKS, perpustakaan, adanya budaya membaca al-Qur&#x2019;an setiap pagi hari dan sholat dhuhur berjama&#x2019;ah. Faktor penghambat adalah waktu jam pembelajaran diakhir, kondisi kejiwaan siswa misal ngantuk, lapar dan beban belajar yang sangat banyak.</description><date>2015</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/823/1/932115511-Halaman%20Judul.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/823/2/932115511-Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/823/3/932115511-%20Pra%20%20BAB.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/823/4/932115511-%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/823/5/932115511-%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/823/6/932115511-%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/823/7/932115511-BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/823/8/932115511-BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/823/9/932115511-BAB%20VI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/823/10/932115511-DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Rusiana, Ani (2015) Strategi Guru Aqidah Akhlak Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Man Kediri II Kota Kediri Tahun Ajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri. </identifier><recordID>823</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Rusiana, Ani
title Strategi Guru Aqidah Akhlak Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Man Kediri II Kota Kediri Tahun Ajaran 2014/2015
publishDate 2015
topic 130305 Educational Counselling
url http://etheses.iainkediri.ac.id/823/1/932115511-Halaman%20Judul.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/823/2/932115511-Abstrak.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/823/3/932115511-%20Pra%20%20BAB.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/823/4/932115511-%20BAB%20I.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/823/5/932115511-%20BAB%20II.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/823/6/932115511-%20BAB%20III.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/823/7/932115511-BAB%20IV.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/823/8/932115511-BAB%20V.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/823/9/932115511-BAB%20VI.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/823/10/932115511-DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/823/
contents Guru sebagai pendidik tidak hanya menyampaikan materi pelajaran, tetapi juga harus mendidik dan membimbing siswa agar materi yang disampaikan dapat dipahami dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui strategi yang diterapkan guru Aqidah Akhlak untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MAN Kediri II Kota Kediri. 2) mengetahui bentuk peningkatan motivasi belajar siswa di MAN Kediri II Kota Kediri. 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MAN Kediri II Kota Kediri. Pendekatan ini adalah kualitatif. Metode pengumpulan datanya: wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik diskriptif. Dengan tiga cara yaitu reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan perpanjangan kehadiran, keajegan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian yaitu: 1) Strategi yang digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa adalah menyampaikan tujuan pembelajaran Aqidah Akhlak, penggunaan beberapa metode yaitu (metode ceramah, diskusi, kerja kelompok, tanya jawab, hafalan, resitasi), pemberian motivasi, penggunaan media, penilaian dan hukuman 2) Bentuk peningkatan motivasi belajar siswa yaitu siswa antusias mengikuti pembelajaran Aqidah Akhlak, siswa aktif di kelas sering bertanya ketika diskusi, siswa mengerjakan tugas yang diberikan guru. 3) Faktor pendukung dalam meningkatkan motivasi belajar siswa adalah lingkungan yang nyaman, tenang dan aman, kondisi peserta didik yang stabil, adanya fasilitas (media dan sumber belajar) yang lengkap seperti : LCD, akses internet yang mudah, LKS, perpustakaan, adanya budaya membaca al-Qur’an setiap pagi hari dan sholat dhuhur berjama’ah. Faktor penghambat adalah waktu jam pembelajaran diakhir, kondisi kejiwaan siswa misal ngantuk, lapar dan beban belajar yang sangat banyak.
id IOS6979.823
institution IAIN Kediri
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 2572
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Kediri
library_id 2008
collection etheses IAIN Kediri
repository_id 6979
subject_area pendidikan
ekonomi dan bisnis
syariah
dakwah
city KOTA KEDIRI
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6979
first_indexed 2019-11-06T14:54:08Z
last_indexed 2021-03-26T11:51:28Z
recordtype dc
_version_ 1695295570411782144
score 17.538404