ctrlnum 811
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.iainkediri.ac.id/811/</relation><title>Implementasi Metode Jigsaw Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas Xi Ipa 2&#xD; (Studi Kasus di MAN Purwoasri Kabupaten Kediri Tahun 2015)</title><creator>Wasi&#x2019;ah, Nurul</creator><subject>130303 Education Assessment and Evaluation</subject><description>Penerapan metode jigsaw sebaga isalah satu alternatif dalam pembelajaran Akidah Akhlak. Metode jigsaw memang sangat mendukung pada peningkatan motivasi belajar siswa XI IPA 2 pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Dengan adanya metode jigsaw, pembelajaran Akidah Akhlak di dalam kelas menjadi hidup. Karena dalam metode ini, siswa dituntut untuk aktif menyampaikan pertanyaan-pertanyaan yang belum di pahaminya. Selainitu, masing-masing siswa juga di latih untuk berkomunikasi dengan temannya dalam hal menyampaikan materi yang menjadi bagiannya. Sehingga pembelajaran yang dilakukan akan menjadi lebih hidup, variatif, dan membiasakan siswa memecahkan permasalahan dengan cara memaksimalkan daya pikir dan kreatifitasnya.&#xD; Penelitian skripsi ini menggunakan pendektan kualitatif deskriptif dan kuantitatifsederhana dengan jenis Clasroom Action Research atau Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam penelitian ini menggunakan Pra siklus, Siklus I dan Siklus II dan siklus III dalam proses penelitian pembelajaran. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas XI IPA 2 MAN Purwoasri Kediri dengan menggunakan metode jigsaw. Dengan memperoleh data peneliti menggunakan metode, yaitu metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pelaksanaan metode diterapkan penerapan metode jigsaw dapat meningkatkan motivasi belajarsiswa. 2) Ini terbukti berdasarkan lembar observasi dari pra siklus ke siklus 1 mengalami peningkatan sebesar 12,1 %, dan pada siklus ke 2 peningkatan sebesar 14,4 %, selanjutnya ke siklus 3 mengalami peningkatan sebesar 18,2 %. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa penggunaan metode jigsaw mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Akidah Akhlak.</description><date>2015</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/811/1/932114111-PraBAB.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/811/2/932114111-bab1.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/811/3/932114111-bab2.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/811/4/932114111-bab3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/811/5/932114111-bab4.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/811/6/932114111-bab5.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/811/7/932114111-bab6.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/811/8/932114111-daftarpustaka.pdf</identifier><identifier> Wasi&#x2019;ah, Nurul (2015) Implementasi Metode Jigsaw Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas Xi Ipa 2 (Studi Kasus di MAN Purwoasri Kabupaten Kediri Tahun 2015). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri. </identifier><recordID>811</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Wasi’ah, Nurul
title Implementasi Metode Jigsaw Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas Xi Ipa 2 (Studi Kasus di MAN Purwoasri Kabupaten Kediri Tahun 2015)
publishDate 2015
topic 130303 Education Assessment and Evaluation
url http://etheses.iainkediri.ac.id/811/1/932114111-PraBAB.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/811/2/932114111-bab1.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/811/3/932114111-bab2.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/811/4/932114111-bab3.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/811/5/932114111-bab4.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/811/6/932114111-bab5.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/811/7/932114111-bab6.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/811/8/932114111-daftarpustaka.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/811/
contents Penerapan metode jigsaw sebaga isalah satu alternatif dalam pembelajaran Akidah Akhlak. Metode jigsaw memang sangat mendukung pada peningkatan motivasi belajar siswa XI IPA 2 pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Dengan adanya metode jigsaw, pembelajaran Akidah Akhlak di dalam kelas menjadi hidup. Karena dalam metode ini, siswa dituntut untuk aktif menyampaikan pertanyaan-pertanyaan yang belum di pahaminya. Selainitu, masing-masing siswa juga di latih untuk berkomunikasi dengan temannya dalam hal menyampaikan materi yang menjadi bagiannya. Sehingga pembelajaran yang dilakukan akan menjadi lebih hidup, variatif, dan membiasakan siswa memecahkan permasalahan dengan cara memaksimalkan daya pikir dan kreatifitasnya. Penelitian skripsi ini menggunakan pendektan kualitatif deskriptif dan kuantitatifsederhana dengan jenis Clasroom Action Research atau Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam penelitian ini menggunakan Pra siklus, Siklus I dan Siklus II dan siklus III dalam proses penelitian pembelajaran. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas XI IPA 2 MAN Purwoasri Kediri dengan menggunakan metode jigsaw. Dengan memperoleh data peneliti menggunakan metode, yaitu metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pelaksanaan metode diterapkan penerapan metode jigsaw dapat meningkatkan motivasi belajarsiswa. 2) Ini terbukti berdasarkan lembar observasi dari pra siklus ke siklus 1 mengalami peningkatan sebesar 12,1 %, dan pada siklus ke 2 peningkatan sebesar 14,4 %, selanjutnya ke siklus 3 mengalami peningkatan sebesar 18,2 %. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa penggunaan metode jigsaw mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Akidah Akhlak.
id IOS6979.811
institution IAIN Kediri
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 2572
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Kediri
library_id 2008
collection etheses IAIN Kediri
repository_id 6979
subject_area pendidikan
ekonomi dan bisnis
syariah
dakwah
city KOTA KEDIRI
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6979
first_indexed 2019-11-06T14:54:07Z
last_indexed 2021-03-26T11:51:25Z
recordtype dc
_version_ 1695295570148589568
score 17.538404