ctrlnum 758
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.iainkediri.ac.id/758/</relation><title>Perlindungan Akal Dalam Kitab Tafsir Al - Tah{ri&gt;&lt;r wa Al - Tanwi&gt;&lt;r Karya Muh}ammad Al-T{ah&lt;ir ibn &#x2018;A&lt;shu&lt;r Pendekatan Maqa&lt;s{id Al - Shari&lt;&#x2019;ah</title><creator>Zamroji, Muhamad</creator><subject>220315 Philosophy of Religion</subject><description>Sampai saat ini pemahaman manifestasi h{ifz {u al - &#x2018;aql hanya sebatas konsep untuk menjaga fungsi dasar ( maddah ) akal saja secara jasmani, yakni memelihara akal dalam tingkat ( d{aru&gt;ri&gt;yah ). Maka pemaknaan baru dan pengejawantahan perlindungan akal dengan cara memelihara akal dalam tingkat komplementer ( h{ajji&gt;ya h ) dan tingkat tersier ( tah{ si&gt;ni&gt;ya h ) untuk memberdayakan dan memaksimalkan potensi akal harus dilakukan. Seperti menuntut ilmu yang merupakan suplemen ( ghida&gt;&#x2019; ) terpenting bagi keberlangsungan gerak ( h{a ya&gt;t ) akal, kemerdekaan berpikir akal ( t a h{r i&gt;r a l - &#x2018; aql ), menjaga jasmani, penegakan hukum-hukum terhadap hal-kal yang membahayakan akal, dan lain-lain. Penelitian ini bersifat kajian kepustakaan (library research) yang dapat didefinisikan sebagai usaha menemukan, mengembangkan dan menguji kebenaran suatu pengetahuan, yang dilakukan dengan menggunakan metodemetode ilmiah. Data diperoleh dengan cara mencari dan membaca serta menelaah data kualitatif yang sesuai dengan tema dari sumber primer dan sumber sekunder yang telah ditentukan dari karya pustaka untuk selanjutnya dikumpulkan menjadi satu. Argumen-argumen dirangkai secara runtut dan ditata secara berkesinambungan serta mempunyai sumber rujukan yang jelas dan memberikan keterangan secara sistematis, obyektif dan kritis tentang data-data yang ada sehingga dapat dipertanggung jawabkan dan dapat dinilai sebagai karya ilmiah. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa, pemikiran yang ditawarkan Ibn &#x2018;A&lt;shu&gt;r dalam tafsir al - Tah{ri&gt;r wa al - Tanwi&gt;r tentang perlindungan akal ( h{ifz {u al &#x2018;aql ) dari sisi praktek penetapan m a q a&gt;s{i d a l - shari&gt;&#x2019;ah , tidak lepas dari dishari &gt; &#x2019;atkannya h{ifz {u al - &#x2018;aql dari sisi menjaga kelestariannya ( m i n j a&gt;n i b a l wuju&gt;d ) dan h{ifz {u al - &#x2018;aql dari sisi ancaman yang dapat merusaknya ( ja&gt;nib al &#x2018;adam ) sehingga memberikan kontribusi dan spirit memberdayakan dan memaksimalkan potensi intelektual yang sejalan dengan maqa&gt;s}id al - shari&gt;&#x2019;ah . &#xD; Di samping itu ada keterkaitan dan hubungan yang erat antara tafsir Ibn &#x2018;A&lt;shu&gt;r tentang perlindungan akal ( h{ifz {u al - &#x2018;aql ) dengan maqa&gt;s{id al - shari&gt;&#x2019;ah .&#xD; Hal ini dapat dibuktikan dengan fokus Ibn &#x2018;A&lt;shu&gt;r dalam menjelaskan arti penting tentang h{ifz{u al - &#x2018;aql , konsistensi penerapan konsep maqa&gt;s{id al - shari&gt;&#x2019;ah dalam tafsirnya tentang h{ifz{u al - &#x2018;aql , seperti konsep fitr}ah tentang h{ifz{u al - &#x2018;aql , serta pertimbangan mas}lahah dan mafsadah tentang h{ifz{u al - &#x2018;aql . &#xD; Dari pemaparan di atas tampak bahwa al - m a q a&gt;s}i d yang merupakan aksiologi hukum islam oleh Ibn &#x2018;A&lt;shu&gt;r telah dibawa keranah epistimologi sehingga menjadi disiplin ilmu yang independen. Dengan demikian maqa&gt;s}id al shari&gt;&#x2019;ah mampu berdialektika dengan problematika hukum kontemporer yang senantiasa berkembang.</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/758/1/9220021501-prabab.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/758/2/9220021501-bab1.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/758/3/9220021501-bab2.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/758/4/9220021501-bab3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/758/5/9220021501-bab4.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/758/6/9220021501-bab5.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/758/7/9220021501-DAFTARPUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/758/8/9220021501-lampiran.pdf</identifier><identifier> Zamroji, Muhamad (2018) Perlindungan Akal Dalam Kitab Tafsir Al - Tah{ri&gt;&lt;r wa Al - Tanwi&gt;&lt;r Karya Muh}ammad Al-T{ah&lt;ir ibn &#x2018;A&lt;shu&lt;r Pendekatan Maqa&lt;s{id Al - Shari&lt;&#x2019;ah. Masters thesis, IAIN Kediri. </identifier><recordID>758</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Zamroji, Muhamad
title Perlindungan Akal Dalam Kitab Tafsir Al - Tah{ri><r wa Al - Tanwi><r Karya Muh}ammad Al-T{ah<ir ibn ‘A<shu<r Pendekatan Maqa<s{id Al - Shari<’ah
publishDate 2018
isbn 9789220021507
topic 220315 Philosophy of Religion
url http://etheses.iainkediri.ac.id/758/1/9220021501-prabab.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/758/2/9220021501-bab1.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/758/3/9220021501-bab2.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/758/4/9220021501-bab3.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/758/5/9220021501-bab4.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/758/6/9220021501-bab5.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/758/7/9220021501-DAFTARPUSTAKA.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/758/8/9220021501-lampiran.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/758/
contents Sampai saat ini pemahaman manifestasi h{ifz {u al - ‘aql hanya sebatas konsep untuk menjaga fungsi dasar ( maddah ) akal saja secara jasmani, yakni memelihara akal dalam tingkat ( d{aru>ri>yah ). Maka pemaknaan baru dan pengejawantahan perlindungan akal dengan cara memelihara akal dalam tingkat komplementer ( h{ajji>ya h ) dan tingkat tersier ( tah{ si>ni>ya h ) untuk memberdayakan dan memaksimalkan potensi akal harus dilakukan. Seperti menuntut ilmu yang merupakan suplemen ( ghida>’ ) terpenting bagi keberlangsungan gerak ( h{a ya>t ) akal, kemerdekaan berpikir akal ( t a h{r i>r a l - ‘ aql ), menjaga jasmani, penegakan hukum-hukum terhadap hal-kal yang membahayakan akal, dan lain-lain. Penelitian ini bersifat kajian kepustakaan (library research) yang dapat didefinisikan sebagai usaha menemukan, mengembangkan dan menguji kebenaran suatu pengetahuan, yang dilakukan dengan menggunakan metodemetode ilmiah. Data diperoleh dengan cara mencari dan membaca serta menelaah data kualitatif yang sesuai dengan tema dari sumber primer dan sumber sekunder yang telah ditentukan dari karya pustaka untuk selanjutnya dikumpulkan menjadi satu. Argumen-argumen dirangkai secara runtut dan ditata secara berkesinambungan serta mempunyai sumber rujukan yang jelas dan memberikan keterangan secara sistematis, obyektif dan kritis tentang data-data yang ada sehingga dapat dipertanggung jawabkan dan dapat dinilai sebagai karya ilmiah. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa, pemikiran yang ditawarkan Ibn ‘A<shu>r dalam tafsir al - Tah{ri>r wa al - Tanwi>r tentang perlindungan akal ( h{ifz {u al ‘aql ) dari sisi praktek penetapan m a q a>s{i d a l - shari>’ah , tidak lepas dari dishari > ’atkannya h{ifz {u al - ‘aql dari sisi menjaga kelestariannya ( m i n j a>n i b a l wuju>d ) dan h{ifz {u al - ‘aql dari sisi ancaman yang dapat merusaknya ( ja>nib al ‘adam ) sehingga memberikan kontribusi dan spirit memberdayakan dan memaksimalkan potensi intelektual yang sejalan dengan maqa>s}id al - shari>’ah . Di samping itu ada keterkaitan dan hubungan yang erat antara tafsir Ibn ‘A<shu>r tentang perlindungan akal ( h{ifz {u al - ‘aql ) dengan maqa>s{id al - shari>’ah . Hal ini dapat dibuktikan dengan fokus Ibn ‘A<shu>r dalam menjelaskan arti penting tentang h{ifz{u al - ‘aql , konsistensi penerapan konsep maqa>s{id al - shari>’ah dalam tafsirnya tentang h{ifz{u al - ‘aql , seperti konsep fitr}ah tentang h{ifz{u al - ‘aql , serta pertimbangan mas}lahah dan mafsadah tentang h{ifz{u al - ‘aql . Dari pemaparan di atas tampak bahwa al - m a q a>s}i d yang merupakan aksiologi hukum islam oleh Ibn ‘A<shu>r telah dibawa keranah epistimologi sehingga menjadi disiplin ilmu yang independen. Dengan demikian maqa>s}id al shari>’ah mampu berdialektika dengan problematika hukum kontemporer yang senantiasa berkembang.
id IOS6979.758
institution IAIN Kediri
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 2572
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Kediri
library_id 2008
collection etheses IAIN Kediri
repository_id 6979
subject_area pendidikan
ekonomi dan bisnis
syariah
dakwah
city KOTA KEDIRI
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6979
first_indexed 2019-10-15T07:00:51Z
last_indexed 2021-03-26T11:51:25Z
recordtype dc
_version_ 1695295569884348416
score 17.538404