Daftar Isi:
  • Akhlak merupakan sifat yang tertanam didalam jiwa yang menimbulkan bermacam-macam perbuatan dengan mudah tanpa memerlukan pemikiran dan pertimbangan. Akhlak memiliki fungsi menjadikan perilaku manusia menjadi lebih beradab serta mampu mengidentifikasi berbagai persoalan kehidupan, baik atau buruk menurut norma yang berlaku. Tujuan penelitian iniuntuk mengetahui peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam membina akhlak dan mengetahui keadaan akhlak siswa di SMAN I Kandat. Penelitian ini membahas tentang peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam pembinaan akhlakdi SMAN I Kandat. Fokus penelitian akan yang dikaji adalah : 1. Bagaimana cara guru pendidikan agama Islam membina akhlak melalui pemberian teladan di SMAN I Kandat; 2. Bagaimana cara guru pendidikan agama Islam membina akhlak melalui pembiasaan di SMAN I Kandat; 3. Bagaimana cara guru pendidikan agama Islam membina akhlak melalui anjuran/ajakan di SMAN I Kandat; 4. Bagaimana implementasi tatatertib dalam pembinaan akhlak siswa di SMAN I Kandat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research)dilakukan untuk memperoleh data yang akurat dengan cara mendatangi langsung objek penelitian. Metode yang dipakai kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam pembinaan akhlak siswa di SMAN I Kandat meliputi pemberian teladan yaitu keteladanan akhlak dan keteladanan spiritual. Melalui pembiasaan yaitu pembiasaan waktu pagi turun dari sepeda motor, bersalaman dengan guru, berdo’a sebelum dan sesudah kegiatan belajarmengajar (KBM), jujur, shalat berjamaah, infak, berpenampilan yang baik. Pemberian nasehat yaitumemberi nasehat untuk berpakaian yang sesuai dengansyari’at Islam, berperilaku yang mencerminkan akhlakul karimah, shalat, dan lain sebagainya. Dan implementasi tata tertib berupa tata tertib secara tertulis dan tidak tertulis.