ctrlnum 726
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.iainkediri.ac.id/726/</relation><title>Peran Promo Diskon Online Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Ditinjau Dari Prinsip Konsumsi Islam (Studi Kasus Mahasiswa Ekonomi Syari&#x2019;ah IAIN Kediri Angkatan 2015)</title><creator>Waninghiyun, Agnes Halida</creator><subject>150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)</subject><description>Berbelanja merupakan salah satu pemenuhan kebutuhan manusia untuk memperoleh suatu barang yang yang dibutuhkan. Salah satu metode belanja yang sering dilakukan adalah belanja lewat toko online yang memudahkan pengguna smartphone memperoleh barang yang diinginkan dengan sentuhan di ujung jari. Belanja dapat dikatakan wajar apabila belanja bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup seharihari. Sementara belanja dikatakan tidak wajar saat menginginkan suatu barang tanpa berpikir secara rasional dan memiliki kecenderungan berperilaku konsumtif. Islam sudah mengatur prinsip berkonsumsi dalam Islam, sebagaimana yang sudah dipahami oleh mahasiswa Jurusan Ekonomi Syari&#x2019;ah IAIN Kediri. Pemberian diskon online adalah salah satu cara penjual dalam menjajakan barang dagangannya, yaitu dengan memberikan harga cenderung lebih murah untuk meningkatkan aktivitas tokonya serta memperoleh rating toko yang baik di mata konsumen. Pemberian diskon dan harga jual barang yang cenderung lebih murah tersebut, membuat suatu daya tarik dan kenikmatan tersendiri bagi para konsumen saat melakukan belanja secara online. &#xD; Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini adalah studi kasus. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara dengan mahasiswa Jurusan Ekonomi Syari&#x2019;ah IAIN Kediri Angkatan 2015, sedngkan data sekunder diperoleh menggunakan metode dokumentasi. Untuk mrnganalisis data penulis menggunakan teknik desriptif dengan membuat gambaran yang sistematis dan aktual dengan melalui tiga cara yakni: reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data menggunakan keikutsertaan, ketelitian pengamatan, dan triangulasi. &#xD; Didalam penelitian ditemukan bahwa diskon berperan atas perilaku konsumtif yang dilakukan mahasiswa, karena diskon juga mempengaruhi motivasi/ faktor pengambilan keputusan pembelian konsumen dan faktor timbulnya perilaku konsumtif mahasiswa. Motivasi dalam hal ini adalah faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, faktor psikologis, ekonomi, lingkungan usaha, serta teknologi. Sedangkan faktor timbulnya perilaku konsumtif dalam hal ini adalah hadirnya iklan, konformitas, dan gaya hidup. Pemahaman mahasiswa tentang konsumsi dalam Islam sudah cukup baik, namun dalam prakteknya seringkali ditemukan adanya pembelanjaan online secara boros (israf) bahkan berlebih-lebihan (tabzir) hingga meminta pinjaman dari kerabat terdekat untuk menutupi kekurangan dana pembayaran tersebut. Hal ini disebabkan impulsivitas dan lapar mata saat melihat adanya diskon online yang sedang berlangsung, sehingga kerap kali sulit membedakan antara kebutuhan dengan keinginan.</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/726/1/931313114-prabab.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/726/2/931313114-bab1.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/726/3/931313114-bab2.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/726/4/931313114-bab3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/726/5/931313114-bab4.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/726/6/931313114-bab5.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/726/7/931313114-bab6.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/726/8/931313114-DAFTARPUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/726/9/931313114-lampiran.pdf</identifier><identifier> Waninghiyun, Agnes Halida (2018) Peran Promo Diskon Online Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Ditinjau Dari Prinsip Konsumsi Islam (Studi Kasus Mahasiswa Ekonomi Syari&#x2019;ah IAIN Kediri Angkatan 2015). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri. </identifier><recordID>726</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Waninghiyun, Agnes Halida
title Peran Promo Diskon Online Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Ditinjau Dari Prinsip Konsumsi Islam (Studi Kasus Mahasiswa Ekonomi Syari’ah IAIN Kediri Angkatan 2015)
publishDate 2018
topic 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
url http://etheses.iainkediri.ac.id/726/1/931313114-prabab.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/726/2/931313114-bab1.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/726/3/931313114-bab2.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/726/4/931313114-bab3.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/726/5/931313114-bab4.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/726/6/931313114-bab5.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/726/7/931313114-bab6.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/726/8/931313114-DAFTARPUSTAKA.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/726/9/931313114-lampiran.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/726/
contents Berbelanja merupakan salah satu pemenuhan kebutuhan manusia untuk memperoleh suatu barang yang yang dibutuhkan. Salah satu metode belanja yang sering dilakukan adalah belanja lewat toko online yang memudahkan pengguna smartphone memperoleh barang yang diinginkan dengan sentuhan di ujung jari. Belanja dapat dikatakan wajar apabila belanja bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup seharihari. Sementara belanja dikatakan tidak wajar saat menginginkan suatu barang tanpa berpikir secara rasional dan memiliki kecenderungan berperilaku konsumtif. Islam sudah mengatur prinsip berkonsumsi dalam Islam, sebagaimana yang sudah dipahami oleh mahasiswa Jurusan Ekonomi Syari’ah IAIN Kediri. Pemberian diskon online adalah salah satu cara penjual dalam menjajakan barang dagangannya, yaitu dengan memberikan harga cenderung lebih murah untuk meningkatkan aktivitas tokonya serta memperoleh rating toko yang baik di mata konsumen. Pemberian diskon dan harga jual barang yang cenderung lebih murah tersebut, membuat suatu daya tarik dan kenikmatan tersendiri bagi para konsumen saat melakukan belanja secara online. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini adalah studi kasus. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara dengan mahasiswa Jurusan Ekonomi Syari’ah IAIN Kediri Angkatan 2015, sedngkan data sekunder diperoleh menggunakan metode dokumentasi. Untuk mrnganalisis data penulis menggunakan teknik desriptif dengan membuat gambaran yang sistematis dan aktual dengan melalui tiga cara yakni: reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data menggunakan keikutsertaan, ketelitian pengamatan, dan triangulasi. Didalam penelitian ditemukan bahwa diskon berperan atas perilaku konsumtif yang dilakukan mahasiswa, karena diskon juga mempengaruhi motivasi/ faktor pengambilan keputusan pembelian konsumen dan faktor timbulnya perilaku konsumtif mahasiswa. Motivasi dalam hal ini adalah faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, faktor psikologis, ekonomi, lingkungan usaha, serta teknologi. Sedangkan faktor timbulnya perilaku konsumtif dalam hal ini adalah hadirnya iklan, konformitas, dan gaya hidup. Pemahaman mahasiswa tentang konsumsi dalam Islam sudah cukup baik, namun dalam prakteknya seringkali ditemukan adanya pembelanjaan online secara boros (israf) bahkan berlebih-lebihan (tabzir) hingga meminta pinjaman dari kerabat terdekat untuk menutupi kekurangan dana pembayaran tersebut. Hal ini disebabkan impulsivitas dan lapar mata saat melihat adanya diskon online yang sedang berlangsung, sehingga kerap kali sulit membedakan antara kebutuhan dengan keinginan.
id IOS6979.726
institution IAIN Kediri
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 2572
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Kediri
library_id 2008
collection etheses IAIN Kediri
repository_id 6979
subject_area pendidikan
ekonomi dan bisnis
syariah
dakwah
city KOTA KEDIRI
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6979
first_indexed 2019-10-15T07:00:51Z
last_indexed 2021-03-26T11:51:25Z
recordtype dc
_version_ 1695295569433460736
score 17.538404