Program Religius Class Tahfidz Al- Qur’andalamMeningkatkanKemampuanSiswaMenghafal Al-Qur’an Di Madrasah AliyahNegeriNganjuk (MAN Nganjuk)
Daftar Isi:
- Penelitianinidilatarbelakangiolehadanyainovasi yang dilakukanolehsalahsatuSekolahSetingkatMenengahAtasyaitumembukaprogram jurusanpeminatan di Madrasah AliyahNegeriNganjuk.Program jurusanpeminatanunggulaninidinamakan Program Religius Class Tahfidz AlQur’an yang mana program jurusaninisebagaiupayauntukmeningkatkankemampuanmenghafalAlQur’ansiswadanjugaadanyametodeuntukmenjagahafalan agar bisamelekatdalamhati.Berpijakpadafokuspenelitian, penelitianinibertujuanuntuk1.)mendiskripsikan Program Religius Class Tahfidz Al-Qur’andalammeningkatkankemampuansiswamenghafal Al-Qur’an. 2.) mendiskripsikanpelaksanaanmetodemuraja’ahmelaluiProgram Religius Class Tahfidz Al-Qur’andalammeningkatkankemampuansiswamenghafal Al-Qur’an. 3.)mendiskripsikankemampuansiswadalammenghafal Al-Qur’an melaluiProgram Religius Class Tahfidz Al-Qur’an. Dalamhalinipenelitimenggunakanmetodediskriptifkualitatifdenganpende katanstudikasus.Teknikpengumpulan data menggunakanwawancara, observasi, dandokumentasi, denganmenggunakanteknikanalisisreduksi data, penyajian data, danverifikasi data.Penelitianinijugamelakukanpengecekankeabsahan data denganmenggunakanteknikperpanjangankeikutsertaanpengamat, ketekunanpengamat, dantriangulasi. Menurutpenelitianmenyimpulkanbahwa, 1) Program Religius Class Tahfidz Al-Qur’andi Madrasah AliyahNegeriNganjukadalahprogram jurusankeagamaankelasunggulandimanasiswa yang masukdalamkelasinidiwajibkanuntukmenghafal Al-Qur’an2) Pelaksanaanmetodemuraja’ahsudahberjalandenganbaik. haliniditerlihatdenganberjalannya proses pembelajarandanterealisasinya program yang ada di sekolah. Pelaksanaanmetodemuraja’ahdiantaranya: a. Setoran (muraja’ah) hafalanbarukepadapembinatahfidz. b. Muraja’ahhafalan lama yang disemakkantemandenganberhadapandua orang dua orang (Mudarasah). c. Majlissima’an Al-Qur’an d. Kegiatanmuraja’ah 1 harikhatam 1 juz. 3) kemampuansiswamenghafalAl-Qur’an di Madrasah AliyahNegeriNganjukadalahberbeda-beda,ada yang bagushafalannyasertamuraja’ahnya, namunsebagianjugatetapada yang biasabiasasaja, dalamartimereka minimal telahmemenuhi target darisekolah. x Kemampuansiswadalammenghafal Al- Qur’an berbeda-beda, halitubisadilihatdengan: a. Rajinatautidaknyasetoran, b. Kelancaranmenghafal. c. Kefashihanbacaannya.