Peranan Budaya Organisasi Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Pada BMT-UGT Sidogiri
Daftar Isi:
- BMT-UGT Sidogiri merupakan sebuah lembaga keuangan yang berkembang dengan sangat pesat karena cabangnya sudah tersebar diseluruh pelosok negeri, bahkan sampai melebarkan sayapnya sampai ke Negara tetangga. Dengan keberhasilan perusahaan yang tinggi, selalu terdapat aturan-aturan dalam perusahaan yang berperan dalam meningkatkan kinerjanya, dari aturan tersebut akan muncul istilah budaya organisasi untuk mengatur cara kerja karayawan. Hal itu akan terlihat ketika pemimpin memberikan arahan, strategi atau aturan untuk mengontrol bawahannya. Maka dari itu peneliti ingin mengetahui bagaimana budaya organisasi yang diterapkan di BMT-UGT Sidogiri dapat meningkatkan kinerja karyawannya sampai perkembangan perusahaan begitu signifikan diantara lembaga-lembaga keuangan lainnya. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Kehadiran peneliti di lokasi penelitian sangat penting dan diperlukan secara optimal karena peneliti merupakan satu-satunya instrumen dalam pengumpulan informasi, penelitian disini menggunakan wawancara dan dokumentasi serta kata-kata yang didapat langsung dari pelaku. Analisis dengan cara menelaah seluruh data yang ada, dilakukan dengan mengadakan pengecekan keabsahan data. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat ditemukan hasil penelitian berikut : yaitu budaya organisasi sangat berperan dalam meningkatkan kinerja karyawan, hal ini ditandai dengan adanya strategi-strategi yang dibuat oleh karyawan dan pemimpin untuk menyelesaikan masalah yang ada, serta motivasi yang selalu diberikan pemimpin kepada karyawan membuat semangat karyawan tetap terjaga. Ditambah pelayanan karyawan terhadap para anggota membuat perusahaan mendapatkan penghargaan. Hal itu merupakan has il dari kinerja karyawan. Kendala yang dihadapi BMT-UGT Sidogiri adalah masih ada karyawan yang sering melanggar aturan perusahaan, kurangnya konsentrasi karyawan terhadap pekerjaan dikarenakan terdapat masalah pribadi atau masalah yang ada di dalam kantor. Hal tersebut sangat membuat perusahaan sedikit mengalami gangguan. Akan tetapi dari kendala tersebut terdapat solusi yang bijak untuk menanggulanginya. Hal itu menegaskan bahwa penerapan budaya organisasi sangat membantu karyawan dalam meningkatkan kinerjanya.