Daftar Isi:
  • Gaya hidup wanita masa kini selalu dituntut untuk memperhatikan penampilan, tidak hanya dalam berbusana, namun juga penampilan wajah dan tubuh. Spa khusus muslimah menjadi perawatan yang menjamin terhalangnya penglihatan aurat muslimah dari pandangan laki-laki dan orang yang bukan mahramnya. Balqis Spa Muslimah memberikan fasilitas kepada wanita muslimah saat memanjakan dirinya dan tetap merasa nyaman dengan privasi dan nuansa Islami, misalnya seperti karyawan berpakaian muslimah, berkomunikasi dengan konsumen secara baik, dan tidak memperbolehkan kaum pria masuk agar konsumen wanita mendapatkan kenyamanan. Fasilitas dan pelayanan yang diberikan tersebut menarik penulis untuk meneliti persepsi konsumen terhadap pelayanan yang diberikan Balqis Spa Muslimah. Peneliti ingin membuktikan apakah pelayanan yang diberikan Salon Spa tersebut sudah diterima dan dirasakan baik oleh konsumen dalam bentuk persepsi konsumen terhadap pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Bagaimana pelayanan Balqis Spa Muslimah Kediri. 2). Bagaimana persepsi konsumen terhadap pelayanan Balqis Spa Muslimah Kediri. Pada penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Kehadiran peneliti di lapangan sangat penting karena sebagai pengumpul data dengan lokasi penelitian di Balqis Spa Muslimah Kediri. Prosedur pengumpulan data yaitu dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi dengan sumber data yaitu pimpinan Balqis Spa Muslimah Kediri, terapis dan konsumen. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Pelayanan Balqis Spa Muslimah yang diukur dengan lima dimensi pelayanan, yaitu: Kehandalan (reability), menginformasikan mengenai fasilitas perawatan dengan jelas, kecepatan dalam menangani keluhan konsumen, secara handal dan cepat dalam melayani; Daya tanggap (responsiveness), melayani konsumen dengan cepat dan tanggap, selalu tanggap jika ada konsumen yang memerlukan bantuan, memberikan jawaban yang mudah dimengerti oleh konsumen; Jaminan (assurance), sikap ramah, sopan, jujur, memberikan dan menjelaskan informasi berupa solusi kepada konsumen dengan bahasa yang mudah di mengerti; Empati (empathy), pemberian perhatian kepada konsumen, berupa sapaan; Bukti langsung atau fasilitas (tangibel), berusaha memberikan sarana dan prasarana yang terbaik dan lengkap kepada konsumen. 2) Persepsi konsumen terhadap pelayanan yang diberikan Balqis Spa Muslimah yang dinilai dari lima dimensi pelayanan yaitu: pada reabilitas cukup baik. Penilaian konsumen terhadap daya tanggap sudah cukup baik. Penilaian konsumen terhadap jaminan cukup baik. Penilaian konsumen terhadap empati cukup baik. Namun, pada atribut bukti fisik konsumen menilai kurang baik.