Daftar Isi:
  • Studi Komparatif Prestasi belajar bahasa arab antara lulusan SD dan MI di madrastah tsanawiyah negri kunir blitar -- Prestasi belajar bahasa arab di Madrasah Tsanawiyah Negri Kunir Blitar antara siswa yang berasal dari Sekolah Dasar (SD) dengan siswa yang berasal dari Madrasah Ibtidaiyah (MI) sangat berbeda dalam hal prestasi belajar bahasa arabnya. Dalam kenyataannya Sekolah Umum (SD) lebih unggul dalam bidang bahasa arabnya, di banding dengan Madrasah Ibtidaiyah. Fokus penenelitian ini adalah: 1)Bagaimanakah prestasi belajar B.Arab siswa kelas VII lulusan dari SD, 2)Bagaimanakah prestasi belajar B. Arab siswa kelas VII lulusan dari MI, 3)Apakah ada perbedaan prestasi belajar B.Arab antara siswa kelas VII MTsN Kunir Blitar lulusan SD Dan lulusan MI, 4) factor apa yang memotifasi siswa dalam presasi belajar b.arab di MTsN kunir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat deskriptif komparasi. Tempat penelitian di di madrastah tsanawiyah negri kunir blitar”. Sumber data pada penelitian ini adalah hasil ujian test murit-murit dalam pelajaran Bahasa Arab kelas VII MTsN kunir. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan, tes, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah Prestasi belajar bahasa arab lulusan SD yaitu: 87,87 Adapun Nilai Rata-Rata belajar bahasa arab lulusan SD itu lebih banyak di bandingkan lulusan MI dengan Nilai Rata-Rata 78,67. Dan hasil dari (Independent samples t- test). Menunjukkan ada Perbedaan Prestasi belajar bahasa arab Antara lulusan SD dan lulusan MI. factor yang memotifasi siswa dalam presasi belajar b.arab di MTsN kunir adalah; A.lulusan dari SD;1.banyak siswa SD yang mengikuti madrasah diniyah dan ma’had 2.unggulnya nilai di pelajaran bahasa arab di MTsN kunir 3.lingkungan dan tempat tinggal yang mendukung untuk meningkatkan nilai di pelajaran bahasa arab 4.sebagian siswa merasa siap dalam pelajaran bahasa arab karena banyak dalam menghafal mufrodat bahasa arab. B.lulusan dari MI;1.kurangnya siswa MI yang mengikuti madrasah diniyah dan ma’had 2.kurangnya nilai di pelajaran bahasa arab di MTsN kunir 3.lingkungan dan tempat tinggal yang tidak mendukung untuk meningkatkan nilai di pelajaran bahasa arab 4.sebagian siswa merasa malu dalam pelajaran bahasa arab karena kurangnya dalam menghafal mufrodat bahasa arab.