العلاقة بين أساليب التعليم و د وافع الطلاب في تعلم اللغة العربية في الفصل الثامن ب و ح بالددرسة الدتوسطة الإسلامية الحكومية الخامسة عانجوك البحث العلمي
Daftar Isi:
- hubungan antara gaya mengajar (guru) dengan motivasi belajar siswa di MTsN Nganjuk -- Proses pembelajaran di kelas VIII B dan VIII H MTsN 5 Nganjuk yang dilakukan guru masih kurang bervariasi mengakibatkan siswa mengalami kejenuhan saat mengikuti proses pembelajaran dan membuat siswa kurang termotivasi dalam belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara variasi mengajar dengan motivasi belajar siswa kelas VIII MTsN 5 Nganjuk, dengan rumusan masalah sebagai berikut; 1. Bagaimana variasi mengajar guru di MTsN 5 Nganjuk 2. Bagaimana motivasi belajar siswa di MTsN Nganjuk 3. Adakah hubungan antara variasi megajar dengan motivasi belajar di MTsN Nganjuk. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis deskriptif teks, menggunakan rumus pearson Product moment dengan software SPSS 24. Untuk memperoleh data, peneliti menggunakan angket (quisioner) dan dokumentasi. Metode angket di gunakan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara variasi mengajar dan motivasi belajar. Sedangkan metode dokumentasi digunakan peneliti untuk memperoleh data seperti dokumendokumen resmi, catatan-catatan sekolah. Dari hasil penghitungan korelasi diperoleh rhitung sebesar 0,304. Untuk menguji hipotesis kerja (Ha), maka rhitung yang diperoleh dikonsultasikan dengan harga r product moment pada taraf 1% dengan N=73 (rtabel). Dari hasil konsultasi diketahui bahwa rhitung (0,304) > rtabel (0,295), yang berarti ada hubungan yang signifikan antara hubungan variasi mengajar dan motivasi belajar dengan nilai korelasi sebesar 0,304 Sedangkan koefisiensi determinasi (nilai hubungan variasi mengajar dengan motivasi belajar) adalah sebesar 0,15 %.