مشكلات تعليم مهارة الكلام فى برنامج تعليم اللغة العربية المكثف دراسة وصفية ميدانية فى قسم تعليم اللغة العربية بالجامعة الإسلامية الحكومية كديرى سنة الدراسة
Daftar Isi:
- Problematika Pembelajaran Kalam pada Program LAM -- Bahasa Arab mempunyai empat maharoh, diantaranya adalah maharoh kalam. Maharoh kalam merupakan maharoh kedua dari beberapa maharoh dasar dalam bahasa Arab, dan juga sebagai sarana komunikasi. Pembelajaran maharoh kalam terasa sulit tanpa adanya program pembelajaran yang baik. Untuk itu PBA STAIN Kediri menghadirkan program pembelajaran baru yang bertujuan untuk meningkatkan kemampan mahasiswa dalam bahasa Arab terlebih maharoh kalam. Program ini disebut LAM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran maharoh kalam pada program LAM PBA STAIN Kediri tahun ajaran 2016/2017 beserta problematika dan solusinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Data-data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan analisis non statistik dengan cara menganalisis isi hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran maharoh kalam pada program LAM PBA STAIN Kediri tahun ajaran 2016/2017 terdapat beberapa hambatan. Yaitu: Guru kurang menguasai metode pembelajaran, Guru kurang disiplin dalam menerapkan SAP, Tidak adanya bi’ah lughowiyah, Kemampuan mahasiswa yang beragam, Rendahnya motivasi mahasiswa, Tidak adanya studi banding terhadap kampus lain, Sedikitnya mufrodat yang dikuasai mahasiswa. Adapun solusi untuk mengatasi problematika pembelajaran maharoh kalam pada program LAM PBA STAIN Kediri tahun ajaran 2016/2017 adalah sebagai berikut: Mengadakan seminar tentang metode pembelajaran bahasa Arab, Guru disiplin dalam menerapkan SAP, Membuat bi’ah lughowiyah, Membagi kelas sesuai kemampuan mahasiswa, Memberi motivasi, Mengadakan studi banding ke kampus lain, Mewajibkan mahasiswa untuk menghafal mufrodat.