ctrlnum 285
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.iainkediri.ac.id/285/</relation><title>Pengaruh Kelompok Pertemanan Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Android (Studi Kasus Pada Mahasiswa STAIN Kediri Prodi Ekonomi Syariah Angkatan 2012 Pengguna Smartphone Android)</title><creator>MAYASARI, LIA</creator><subject>140299 Applied Economics not elsewhere classified</subject><description>Kelompok pertemanan memiliki peran yang spesial sebagai kelompok acuan dan bahkan menggantikan peran keluarga dalam pengambilan keputusan dan perilaku konsumsi. Pengaruh kelompok paling kuat ketika penggunaan produk atau merek terlihat oleh kelompok. Seorang mungkin memiliki motivasi kuat untuk mengikuti perilaku kelompok acuannya karena adanya keinginan untuk masuk dan diterima oleh kelompok acuan tersebut, begitu pula dalam pembelian smartphone android. Kelompok pertemanan bisa menjadi motivasi bagi konsumen untuk melakukan pembelian smartphone android ketika kelompok pertemanan konsumen telah banyak yang menggunakan smartphone android. Seorang konsumen yang mulai timbul minatnya akan terdorong untuk mencari informasi mengenai produk. Kelompok pertemanan dalam hal ini merupakan sarana pencarian informasi yang paling dekat dengan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kelompok pertemanan terhadap keputusan pembelian smartphone android oleh mahasiswa STAIN Kediri Prodi Ekonomi Syariah angkatan 2012. &#xD; Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Data dalam penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu primer diperoleh dari jawaban responden melalui angket, dan data sekunder diperoleh dari dokumentasi yang telah ada. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa STAIN Kediri Prodi Ekonomi Syariah angkatan 2012 yang menggunakan smartphone android sebanyak 78 mahasiswa. Sampel ditentukan berdasarkan teori Isaac dan Michael, dengan taraf kesalahan 5%. Berdasarkan teori tersebut yang paling mendekati angka N=78 adalah N=80, maka diperoleh jumlah sampel (s) sebesar 65. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif yaitu meliputi: uji validitas dan reliabilitas instrumen, analisis regresi sederhana, pengujian hipotesis melalui analisis korelasi, serta analisis koefisien determinasi (R2). &#xD; Hasil penelitian menunjukkan nilai korelasi antara kelompok pertemanan dengan keputusan pembelian smartphone android oleh mahasiswa STAIN Kediri Prodi Ekonomi Syariah angkatan 2012 sebesar 0,615 mempunyai makna bahwa hubungan antara kelompok pertemanan terhadap keputusan pembelian termasuk dalam kriteria kuat, signifikan, dan searah. Analisis regresi menunjukkan hasil Y = 10,427 + 0,747 X + e, yang berarti jika variabel kelompok pertemanan naik satu satuan maka tingkat keputusan pembelian akan naik sebesar 0,747. Nilai R Square adalah 0,378, R Square dapat disebut koefisien determinasi yang dalam hal ini berarti 37,8% keputusan pembelian dipengaruhi oleh kelompok pertemanan dan sisanya 62,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini, diantaranya: kepribadian, gaya hidup, pekerjaan dan lingkungan ekonomi.</description><date>2015</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/285/1/SAMPUL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/285/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/285/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/285/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/285/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/285/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/285/7/BAB%20VI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/285/8/DAFTAR%20RIWAYAT%20HIDUP_TABULASI%20DATA%20HASIL%20PENELITIAN.pdf</identifier><identifier> MAYASARI, LIA (2015) Pengaruh Kelompok Pertemanan Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Android (Studi Kasus Pada Mahasiswa STAIN Kediri Prodi Ekonomi Syariah Angkatan 2012 Pengguna Smartphone Android). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri. </identifier><recordID>285</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author MAYASARI, LIA
title Pengaruh Kelompok Pertemanan Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Android (Studi Kasus Pada Mahasiswa STAIN Kediri Prodi Ekonomi Syariah Angkatan 2012 Pengguna Smartphone Android)
publishDate 2015
topic 140299 Applied Economics not elsewhere classified
url http://etheses.iainkediri.ac.id/285/1/SAMPUL.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/285/2/BAB%20I.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/285/3/BAB%20II.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/285/4/BAB%20III.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/285/5/BAB%20IV.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/285/6/BAB%20V.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/285/7/BAB%20VI.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/285/8/DAFTAR%20RIWAYAT%20HIDUP_TABULASI%20DATA%20HASIL%20PENELITIAN.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/285/
contents Kelompok pertemanan memiliki peran yang spesial sebagai kelompok acuan dan bahkan menggantikan peran keluarga dalam pengambilan keputusan dan perilaku konsumsi. Pengaruh kelompok paling kuat ketika penggunaan produk atau merek terlihat oleh kelompok. Seorang mungkin memiliki motivasi kuat untuk mengikuti perilaku kelompok acuannya karena adanya keinginan untuk masuk dan diterima oleh kelompok acuan tersebut, begitu pula dalam pembelian smartphone android. Kelompok pertemanan bisa menjadi motivasi bagi konsumen untuk melakukan pembelian smartphone android ketika kelompok pertemanan konsumen telah banyak yang menggunakan smartphone android. Seorang konsumen yang mulai timbul minatnya akan terdorong untuk mencari informasi mengenai produk. Kelompok pertemanan dalam hal ini merupakan sarana pencarian informasi yang paling dekat dengan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kelompok pertemanan terhadap keputusan pembelian smartphone android oleh mahasiswa STAIN Kediri Prodi Ekonomi Syariah angkatan 2012. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Data dalam penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu primer diperoleh dari jawaban responden melalui angket, dan data sekunder diperoleh dari dokumentasi yang telah ada. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa STAIN Kediri Prodi Ekonomi Syariah angkatan 2012 yang menggunakan smartphone android sebanyak 78 mahasiswa. Sampel ditentukan berdasarkan teori Isaac dan Michael, dengan taraf kesalahan 5%. Berdasarkan teori tersebut yang paling mendekati angka N=78 adalah N=80, maka diperoleh jumlah sampel (s) sebesar 65. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif yaitu meliputi: uji validitas dan reliabilitas instrumen, analisis regresi sederhana, pengujian hipotesis melalui analisis korelasi, serta analisis koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan nilai korelasi antara kelompok pertemanan dengan keputusan pembelian smartphone android oleh mahasiswa STAIN Kediri Prodi Ekonomi Syariah angkatan 2012 sebesar 0,615 mempunyai makna bahwa hubungan antara kelompok pertemanan terhadap keputusan pembelian termasuk dalam kriteria kuat, signifikan, dan searah. Analisis regresi menunjukkan hasil Y = 10,427 + 0,747 X + e, yang berarti jika variabel kelompok pertemanan naik satu satuan maka tingkat keputusan pembelian akan naik sebesar 0,747. Nilai R Square adalah 0,378, R Square dapat disebut koefisien determinasi yang dalam hal ini berarti 37,8% keputusan pembelian dipengaruhi oleh kelompok pertemanan dan sisanya 62,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini, diantaranya: kepribadian, gaya hidup, pekerjaan dan lingkungan ekonomi.
id IOS6979.285
institution IAIN Kediri
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 2572
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Kediri
library_id 2008
collection etheses IAIN Kediri
repository_id 6979
subject_area pendidikan
ekonomi dan bisnis
syariah
dakwah
city KOTA KEDIRI
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6979
first_indexed 2019-03-28T03:33:31Z
last_indexed 2021-03-26T11:51:11Z
recordtype dc
_version_ 1695295565853622272
score 17.538404