Implementasi Metode Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Sub Tema Meneladani Perjuangan Dakwah Rasulullah Saw Di Madinah Siswa Kelas X IIS-B Di SMA Negeri 1 Kediri Tahun Ajaran 2015-2016
Daftar Isi:
- Prestasi belajar di SMAN 1 Kediri akhir-akhir ini menurun , hal ini disebabkan karena kurang variatif dalam penggunaan metode yang diberikan kepada siswa. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah tentang bagaimana penerapan metode mind mapping untuk meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran PAI subtema Meneladani Perjuangan Dakwah Rasulullah SAW di Madinah pada siswa kelas X IIS-B SMAN 1 Kediri Tahun Ajaran 2015-2016. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian tindakan kelas ini adalah: Mengimplementasikan metode mind mapping dalam meningkatan prestasi belajar dan apakah metode mind mapping dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan model rancangan Kemmis dan Taggart penerapan 3 siklus dalam pembelajaran, dimana setiap putaran terdiri dari empat tahap yakni : rancangan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IIS-B SMAN 1 Kediri . Data yang diperoleh berupa hasil tes praktek, lembar obsevasi, kegiatan belajar mengajar, dan dokumentasi. Penggunaan metode Mind Mapping (Peta Pikiran) dalam pembelajaran PAI dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas X IIS-B di SMAN 1 Kediri pada tahun pelajaran 2015-2016 adalah dibuktikan dari hasil persentase ketuntasan hasil belajar siwa mengalami peningkatan Prasiklus 17,24%, Siklus I 31,03%, Siklus II 72,41%,dan Siklus III 93,10%. Degan demikian maka metode Main Mapping berhasil meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI Sub Tema Meneladani Perjuangan Dakwah Rasulullah Saw Di Madinah.