ctrlnum 219
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.iainkediri.ac.id/219/</relation><title>Pembinaan Karakter Siswa (Studi Kasus MAN 4 Kediri)</title><creator>ZARINA, NOER</creator><subject>130305 Educational Counselling</subject><description>Pembinaan karakter bukanlah sebuah proses menghafal materi soal ujian dan teknik-teknik menjawabnya. Pembinaan karakter memerlukan beberapa proses dari mulai yang diajarkan hingga melekat menjadi budaya. Karakter tidak terbentuk secara instan, tapi harus dilatih secara serius dan proporsional agar mencapai bentuk dan kekuatan yang ideal. Penelititan ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana pembinaan karakter peduli sosial dan religius siswa di MAN 4 Kediri, (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat pembinaan karakter peduli sosial dan religius siswa di MAN 4 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah studi kasus. Penelitian dilakukan di MAN 4 Kediri. Pegumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, waka kurikulum, waka kesiswaan, tim humas, tim keagamaan, guru pendidikan kewarganegaraan dan guru aqidah akhlak. Sedangkan untuk analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dan untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pembinaan karakter peduli sosial dan religius siswa di MAN 4 Kediri sudah berjalan dengan baik. Hal ini dibuktikan dari pembinaan yang dilakukan melalui guru, pelajaran serta kegiatankegiatan yang diadakan oleh madrasah. Metode yang digunakan dalam membina karakter peduli sosial dan religius yaitu metode keteladanan, pembiasaan dan nasihat. Kegiatan yang digunakan untuk membina karakter peduli sosial seperti baksos dan infaq jum&#x2019;at. Sedangkan kegiatan yang digunakan untuk membina karakter religius seperti sholat dhuha dan dhuhur berjama&#x2019;ah, pondok ramadhan dan SKUA. (2) Faktor yang mendukung karakter peduli sosial dan religius siswa di MAN 4 Kediri yaitu guru, sarana, program madrasah dan kesadaran dari siswa. Sedangkan faktor yang menghambat yaitu kurangnya pengawasan dari orang tua, lingkungan/pergaulan di rumah dan input siswa yang berbeda-beda.</description><date>2017</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/219/1/Cover%20Skripsi_PRA%20BAB%20%282%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/219/2/BAB%20I%20%282%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/219/3/BAB%20II%20%282%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/219/4/BAB%20III%20%282%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/219/5/BAB%20IV%20%282%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/219/6/BAB%20V%20%282%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/219/7/BAB%20VI%20%282%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/219/8/DAFTAR%20PUSTAKA%20%282%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/219/9/Lampiran%201-3%20Pedoman%20%282%29_x.pdf</identifier><identifier> ZARINA, NOER (2017) Pembinaan Karakter Siswa (Studi Kasus MAN 4 Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri. </identifier><recordID>219</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author ZARINA, NOER
title Pembinaan Karakter Siswa (Studi Kasus MAN 4 Kediri)
publishDate 2017
topic 130305 Educational Counselling
url http://etheses.iainkediri.ac.id/219/1/Cover%20Skripsi_PRA%20BAB%20%282%29.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/219/2/BAB%20I%20%282%29.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/219/3/BAB%20II%20%282%29.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/219/4/BAB%20III%20%282%29.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/219/5/BAB%20IV%20%282%29.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/219/6/BAB%20V%20%282%29.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/219/7/BAB%20VI%20%282%29.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/219/8/DAFTAR%20PUSTAKA%20%282%29.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/219/9/Lampiran%201-3%20Pedoman%20%282%29_x.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/219/
contents Pembinaan karakter bukanlah sebuah proses menghafal materi soal ujian dan teknik-teknik menjawabnya. Pembinaan karakter memerlukan beberapa proses dari mulai yang diajarkan hingga melekat menjadi budaya. Karakter tidak terbentuk secara instan, tapi harus dilatih secara serius dan proporsional agar mencapai bentuk dan kekuatan yang ideal. Penelititan ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana pembinaan karakter peduli sosial dan religius siswa di MAN 4 Kediri, (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat pembinaan karakter peduli sosial dan religius siswa di MAN 4 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah studi kasus. Penelitian dilakukan di MAN 4 Kediri. Pegumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, waka kurikulum, waka kesiswaan, tim humas, tim keagamaan, guru pendidikan kewarganegaraan dan guru aqidah akhlak. Sedangkan untuk analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dan untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pembinaan karakter peduli sosial dan religius siswa di MAN 4 Kediri sudah berjalan dengan baik. Hal ini dibuktikan dari pembinaan yang dilakukan melalui guru, pelajaran serta kegiatankegiatan yang diadakan oleh madrasah. Metode yang digunakan dalam membina karakter peduli sosial dan religius yaitu metode keteladanan, pembiasaan dan nasihat. Kegiatan yang digunakan untuk membina karakter peduli sosial seperti baksos dan infaq jum’at. Sedangkan kegiatan yang digunakan untuk membina karakter religius seperti sholat dhuha dan dhuhur berjama’ah, pondok ramadhan dan SKUA. (2) Faktor yang mendukung karakter peduli sosial dan religius siswa di MAN 4 Kediri yaitu guru, sarana, program madrasah dan kesadaran dari siswa. Sedangkan faktor yang menghambat yaitu kurangnya pengawasan dari orang tua, lingkungan/pergaulan di rumah dan input siswa yang berbeda-beda.
id IOS6979.219
institution IAIN Kediri
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 2572
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Kediri
library_id 2008
collection etheses IAIN Kediri
repository_id 6979
subject_area pendidikan
ekonomi dan bisnis
syariah
dakwah
city KOTA KEDIRI
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6979
first_indexed 2019-03-28T03:33:31Z
last_indexed 2021-03-26T11:51:11Z
recordtype dc
_version_ 1695295565299974144
score 17.538404