Pelaksanaan Program Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Al-Qur’an (Studi Di SMP Negeri 1 Kandat)
Daftar Isi:
- Kata Kunci: Pelaksanaan Program Baca Tulis Al-Qur’an BTQ, Kemampuan Membaca dan Menulis Al-Qur’an Penelitian tentang Pelaksanaan Program Baca Tulis Al-quran ( BTQ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Al-quran (Study SMP NEGERI I KANDAT) menyikapi problematika guru yang muncul dalam untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, hal ini menjadi sangat urgen karena diharapkanguru mampu mengembangkan model pembelajaran dalam PAI serta menyetarakan aspek kognitif, aspek afektif dan konatif-volitif, yakni kemampuan tekad untuk mengamalkan nilai-nilai ajaran agama. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah:(1)Bagaimana metode Baca Tulis Al-qur’an (BTQ) untuk meningkatkan kemampaun membaca dan menulis Al-Qur’an siswa di SMP Negeri 1 Kandat (Studi di SMP Negeri 1 Kandat)?,(2) Bagaimana evaluasi Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) untuk meningkatkan kemampaun membaca dan menulis Al-Qur’an siswa di SMP Negeri 1 Kandat (Studi di SMP Negeri 1 Kandat)?. Penelitian ini menggunakan Pendekatan Kualitatif dan jenis Studi Kasus, dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi partisipasi, dokumentasi serta wawancara mendalam. Di mana ketiga komponen tersebut merupakan suatu rangkaian yang tidak terpisahkan guna memperoleh data penelitian, oleh karena itu analisa data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pelaksanaan program baca tulis Al-Qur’an untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an di SMP Negeri 1 Kandat (studi di SMP Negeri 1 Kandat) : yakni melibatkan anak dalam proses belajar mengajar dengan metode yang diterapkan oleh guru yang sesuai dengan kegiatan tersebut dapat digolongkan menjadi keaktifan jasmani dan rohani melalui Metode Al-Barqy. Dengan metode ini peserta didik mampu menerima pembelajaran dari guru. Pendidik bersama peserta didik merefleksikan pembelajaran melalui penguatan yang diberikan oleh pendidik.