ctrlnum 2174
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.iainkediri.ac.id/2174/</relation><title>Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlak Siswa di SMP Negeri 7 Kediri Tahun Pembelajaran 2016</title><creator>ZULMI, NIZAR</creator><subject>130211 Religion Curriculum and Pedagogy</subject><description>Kata Kunci: Upaya Guru Pendidikan Agama Islam, Pembinaan Akhlak.&#xD; &#xD; Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa dan faktor pendukung dan penghambat dari upaya guru pendidikan agama islam dalam pembinaan akhlak siswa di SMP Negeri 7 Kediri.&#xD; Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yaitu suatu metode yang mempunyai ciri-ciri antara lain: latar penelitian bersifat alami, peneliti sebagai instrumen kunci dan penelitiannya bersifat deskriptif. Berkaitan dengan itu, untuk memperoleh data di lapangan dalam rangka mendeskripsikan dan menjawab permasalahan yang sedang diteliti maka digunakan metode pengumpulan data seperti observasi, wawancara dan dokumentasi. Dimana ketiga komponen ini merupakan suatu rangkaian yang tidak terpisahkan guna memperoleh data dalam penelitian.&#xD; Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa bentuk pelaksanaan pembinaan akhlak siswa di SMPN 7 Kediri tahun pembelajaran 2016 adalah 1) Pembiasaan; 2) Keteladanan; 3) Kepedulian Sosial; 4) Pengadaan kegiatan-kegiatan keagamaan. Pendukung dan penghambat yang dihadapi guru dalam pembinaan Akhlak siswa di SMPN 7 Kediri tahun pembelajaran 2016. Faktor yang menjadi pendukung terlaksananya guru dalam pembinaan Akhlak siswa di SMPN 7 Kediri adalah: 1) komunikasi yang baik 2) Kerjasama dengan pihak guru dan orang tua. Faktor yang menjadi penghambat terlaksananya guru dalam pembinaan Akhlak siswa di SMPN 7 Kediri adalah: 1) Karakteristik siswa yang berbeda; 2) Pengaruh lingkungan pergaulan; 3) Waktu; 4) IPTEK yang tidak terkontrol.&#xD; Untuk meningkatkan bentuk pelaksanaan pembinaan akhlak siswa di SMPN 7 Kediri dan meningkatkan Pendukung dan memperbaiki penghambat yang dihadapi guru dalam pembinaan Akhlak siswa di SMPN 7 Kediri, maka penulis menyarankan kepada pihak sekolah untuk menjadikan akhlak sebagai orientasi utama dan pertama di dalam tujuan sekolah, disarankan pula untuk para guru menjadi suri tauladan bagi siswa-siswinya agar akhlak anak didik setiap hari semakin baik dalam kehidupan sehari-harinya di sekolah khususnya, umumnya di luar sekolah.</description><date>2016</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2174/3/932115512%20-%20Pra%20BAB.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2174/4/932115512%20-%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2174/5/932115512%20-%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2174/2/932115512%20-%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2174/1/932115512%20-%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2174/9/932115512%20-%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2174/6/932115512%20-%20BAB%20VI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2174/7/932115512%20-%20Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2174/8/932115512%20-%20Lampiran.pdf</identifier><identifier> ZULMI, NIZAR (2016) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlak Siswa di SMP Negeri 7 Kediri Tahun Pembelajaran 2016. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri. </identifier><recordID>2174</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author ZULMI, NIZAR
title Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlak Siswa di SMP Negeri 7 Kediri Tahun Pembelajaran 2016
publishDate 2016
topic 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
url http://etheses.iainkediri.ac.id/2174/3/932115512%20-%20Pra%20BAB.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/2174/4/932115512%20-%20BAB%20I.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/2174/5/932115512%20-%20BAB%20II.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/2174/2/932115512%20-%20BAB%20III.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/2174/1/932115512%20-%20BAB%20IV.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/2174/9/932115512%20-%20BAB%20V.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/2174/6/932115512%20-%20BAB%20VI.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/2174/7/932115512%20-%20Daftar%20Pustaka.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/2174/8/932115512%20-%20Lampiran.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/2174/
contents Kata Kunci: Upaya Guru Pendidikan Agama Islam, Pembinaan Akhlak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa dan faktor pendukung dan penghambat dari upaya guru pendidikan agama islam dalam pembinaan akhlak siswa di SMP Negeri 7 Kediri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yaitu suatu metode yang mempunyai ciri-ciri antara lain: latar penelitian bersifat alami, peneliti sebagai instrumen kunci dan penelitiannya bersifat deskriptif. Berkaitan dengan itu, untuk memperoleh data di lapangan dalam rangka mendeskripsikan dan menjawab permasalahan yang sedang diteliti maka digunakan metode pengumpulan data seperti observasi, wawancara dan dokumentasi. Dimana ketiga komponen ini merupakan suatu rangkaian yang tidak terpisahkan guna memperoleh data dalam penelitian. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa bentuk pelaksanaan pembinaan akhlak siswa di SMPN 7 Kediri tahun pembelajaran 2016 adalah 1) Pembiasaan; 2) Keteladanan; 3) Kepedulian Sosial; 4) Pengadaan kegiatan-kegiatan keagamaan. Pendukung dan penghambat yang dihadapi guru dalam pembinaan Akhlak siswa di SMPN 7 Kediri tahun pembelajaran 2016. Faktor yang menjadi pendukung terlaksananya guru dalam pembinaan Akhlak siswa di SMPN 7 Kediri adalah: 1) komunikasi yang baik 2) Kerjasama dengan pihak guru dan orang tua. Faktor yang menjadi penghambat terlaksananya guru dalam pembinaan Akhlak siswa di SMPN 7 Kediri adalah: 1) Karakteristik siswa yang berbeda; 2) Pengaruh lingkungan pergaulan; 3) Waktu; 4) IPTEK yang tidak terkontrol. Untuk meningkatkan bentuk pelaksanaan pembinaan akhlak siswa di SMPN 7 Kediri dan meningkatkan Pendukung dan memperbaiki penghambat yang dihadapi guru dalam pembinaan Akhlak siswa di SMPN 7 Kediri, maka penulis menyarankan kepada pihak sekolah untuk menjadikan akhlak sebagai orientasi utama dan pertama di dalam tujuan sekolah, disarankan pula untuk para guru menjadi suri tauladan bagi siswa-siswinya agar akhlak anak didik setiap hari semakin baik dalam kehidupan sehari-harinya di sekolah khususnya, umumnya di luar sekolah.
id IOS6979.2174
institution IAIN Kediri
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 2572
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Kediri
library_id 2008
collection etheses IAIN Kediri
repository_id 6979
subject_area pendidikan
ekonomi dan bisnis
syariah
dakwah
city KOTA KEDIRI
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6979
first_indexed 2021-03-26T11:52:06Z
last_indexed 2021-03-26T11:52:06Z
recordtype dc
_version_ 1695295579472527360
score 17.538404