Daftar Isi:
  • Kata Kunci: Nilai-Nilai Karakter, Metode Keteladanan Dan Pembiasaan. Tujuan pendidikan seperti yang tercantum dalam Undang-Undang SISDIKNAS No. 20 Tahun 2003 pasal 3 adalah untuk membentuk pribadi anak supaya menjadi manusia yang baik, warga masyarakat dan warga negara yang baik, yang mengedepankan nilai-nilai budaya luhur bangsa Indonesia dan akhlak mulia. Untuk mewujudkan tujuan UU tersebut perlu internalisasi nilai-nilai karakter yang diterapkan dengan menggunakan metode ketaladanan dan pembiasaan. Sehingga diharapkan dapat tertanam karakter positif dalam diri siswa. Adapun fokus penelitian ini 1)Bagaimana karakter siswa Madrasah Aliyah Al-Hidayah Termas Baron Nganjuk? 2)Bagaimana keteladanan yang dilakukan guru dalam menanamkan nilai-nilai karakter siswa di Madrasah Aliyah Al-Hidayah Termas Baron Nganjuk? 3)Bagaimana pembiasaan yang diterapkan guru dalam menanamkan nilai-nilai karakter siswa di Madrasah Aliyah Al-Hidayah Termas Baron Nganjuk? Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Sesuai dengan pendekatan ini peneliti merupakan instrument kunci untuk menangkap makna yang ada. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyederhanaan paparan data dan penarikan kesimpulan. Tahap terakhir yang dilakukan adalah pengecekan keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah karakter siswa Madrasah Aliyah Al-Hidayah Termas Baron Nganjuk, yaitu karakter religius, kedisiplinan, peduli sosial, cinta tanah air, dan peduli lingkungan. Keteladanan dan pembiasaan yang diterapkan guru dalam rangka menginternalisasikan nilai-nilai karakter siswa Madrasah Aliyah Al-Hidayah Termas yakni melalui kegiatan rutin dan kegiatan spontan. Keteladanan dan pembiasaan yang ditunjukkan berupa nilai karakter karakter religius, kedisiplinan, peduli sosial, cinta tanah air, dan peduli lingkungan.