Metode Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam pada Siswa di UPTD SMA Negeri 1 Tanjunganom Nganjuk
ctrlnum |
2168 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.iainkediri.ac.id/2168/</relation><title>Metode Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam pada Siswa di UPTD SMA Negeri 1 Tanjunganom Nganjuk</title><creator>MUSDOLIFAH, MUSDOLIFAH</creator><subject>130211 Religion Curriculum and Pedagogy</subject><description>Kata Kunci : Metode, Nilai Agama Islam
Idealnya pelaksanaan pendidikan seharusnya merupakan proses alih pengetahuan (transfer of knowledge) dan proses alih nilai (transfer of value) sekaligus. Fakta yang terjadi di lapangan, proses pendidikan nilai, terutama nilai agama hanya terpusat pada pemberian materi-materi ke dalam proses pembelajaran di kelas saja, sedangkan untuk aplikasi dalam kehidupan nyata atau keseharian peserta didik masih sangat minim. Inilah yang menjadi problem pendidikan saat ini. Fokus penelitian ini : 1) Bagaimana metode penanaman nilai-nilai agama Islam pada siswa di UPTD SMA Negeri 1 Tanjunganom?, 2) Faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam menanamkan nilai-nilai agama Islam pada siswa di UPTD SMA Negeri 1 Tanjunganom? dan tujuan penelitiannya : 1) Untuk mengetahui cara menanamkan nilai-nilai agama Islam pada siswa di UPTD SMA Negeri 1 Tanjunganom, 2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam menanamkan nilai-nilai agama Islam pada siswa di UPTD SMA Negeri 1 Tanjunganom.
Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif, dimana prosedur penelitian yang dihasilkan adalah data deskriptif dan jenis penelitiannya adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode penanaman nilai-nilai agama Islam di SMA Negeri 1 Tanjunganom Nganjuk yakni pertama melalui pembiasaan yang diaplikasikan dalam kegiatan tadarus al-Quran setiap pagi dan kegiatan istighosah setiap hari Jumat. Kemudian yang kedua yakni melalui pemberian nasehat. Adapun faktor-faktor yang mendukung proses penanaman nilai-nilai agama Islam pada siswa yakni tersedianya sarana dan prasana sekolah dan adanya dukungan dari kepala sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya yakni daya tampung mushola yang masih kurang.</description><date>2016</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2168/10/932114212%20-%20Pra%20BAB.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2168/5/932114212%20-%20BAB%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2168/4/932114212%20-%20BAB%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2168/11/932114212%20-%20BAB%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2168/3/932114212%20-%20BAB%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2168/9/932114212%20-%20BAB%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2168/6/932114212%20-%20BAB%206.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2168/7/932114212%20-%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2168/8/932114212%20-%20Lampiran.pdf</identifier><identifier> MUSDOLIFAH, MUSDOLIFAH (2016) Metode Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam pada Siswa di UPTD SMA Negeri 1 Tanjunganom Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri. </identifier><recordID>2168</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
MUSDOLIFAH, MUSDOLIFAH |
title |
Metode Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam pada Siswa di UPTD SMA Negeri 1 Tanjunganom Nganjuk |
publishDate |
2016 |
topic |
130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
url |
http://etheses.iainkediri.ac.id/2168/10/932114212%20-%20Pra%20BAB.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/2168/5/932114212%20-%20BAB%201.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/2168/4/932114212%20-%20BAB%202.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/2168/11/932114212%20-%20BAB%203.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/2168/3/932114212%20-%20BAB%204.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/2168/9/932114212%20-%20BAB%205.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/2168/6/932114212%20-%20BAB%206.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/2168/7/932114212%20-%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/2168/8/932114212%20-%20Lampiran.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/2168/ |
contents |
Kata Kunci : Metode, Nilai Agama Islam
Idealnya pelaksanaan pendidikan seharusnya merupakan proses alih pengetahuan (transfer of knowledge) dan proses alih nilai (transfer of value) sekaligus. Fakta yang terjadi di lapangan, proses pendidikan nilai, terutama nilai agama hanya terpusat pada pemberian materi-materi ke dalam proses pembelajaran di kelas saja, sedangkan untuk aplikasi dalam kehidupan nyata atau keseharian peserta didik masih sangat minim. Inilah yang menjadi problem pendidikan saat ini. Fokus penelitian ini : 1) Bagaimana metode penanaman nilai-nilai agama Islam pada siswa di UPTD SMA Negeri 1 Tanjunganom?, 2) Faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam menanamkan nilai-nilai agama Islam pada siswa di UPTD SMA Negeri 1 Tanjunganom? dan tujuan penelitiannya : 1) Untuk mengetahui cara menanamkan nilai-nilai agama Islam pada siswa di UPTD SMA Negeri 1 Tanjunganom, 2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam menanamkan nilai-nilai agama Islam pada siswa di UPTD SMA Negeri 1 Tanjunganom.
Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif, dimana prosedur penelitian yang dihasilkan adalah data deskriptif dan jenis penelitiannya adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode penanaman nilai-nilai agama Islam di SMA Negeri 1 Tanjunganom Nganjuk yakni pertama melalui pembiasaan yang diaplikasikan dalam kegiatan tadarus al-Quran setiap pagi dan kegiatan istighosah setiap hari Jumat. Kemudian yang kedua yakni melalui pemberian nasehat. Adapun faktor-faktor yang mendukung proses penanaman nilai-nilai agama Islam pada siswa yakni tersedianya sarana dan prasana sekolah dan adanya dukungan dari kepala sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya yakni daya tampung mushola yang masih kurang. |
id |
IOS6979.2168 |
institution |
IAIN Kediri |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id ptki.onesearch.id |
institution_id |
2572 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan IAIN Kediri |
library_id |
2008 |
collection |
etheses IAIN Kediri |
repository_id |
6979 |
subject_area |
pendidikan ekonomi dan bisnis syariah dakwah |
city |
KOTA KEDIRI |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS6979 |
first_indexed |
2021-03-26T11:52:06Z |
last_indexed |
2021-03-26T11:52:06Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1695295579446312960 |
score |
17.538404 |