ctrlnum 2168
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.iainkediri.ac.id/2168/</relation><title>Metode Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam pada Siswa di UPTD SMA Negeri 1 Tanjunganom Nganjuk</title><creator>MUSDOLIFAH, MUSDOLIFAH</creator><subject>130211 Religion Curriculum and Pedagogy</subject><description>Kata Kunci : Metode, Nilai Agama Islam&#xD; Idealnya pelaksanaan pendidikan seharusnya merupakan proses alih pengetahuan (transfer of knowledge) dan proses alih nilai (transfer of value) sekaligus. Fakta yang terjadi di lapangan, proses pendidikan nilai, terutama nilai agama hanya terpusat pada pemberian materi-materi ke dalam proses pembelajaran di kelas saja, sedangkan untuk aplikasi dalam kehidupan nyata atau keseharian peserta didik masih sangat minim. Inilah yang menjadi problem pendidikan saat ini. Fokus penelitian ini : 1) Bagaimana metode penanaman nilai-nilai agama Islam pada siswa di UPTD SMA Negeri 1 Tanjunganom?, 2) Faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam menanamkan nilai-nilai agama Islam pada siswa di UPTD SMA Negeri 1 Tanjunganom? dan tujuan penelitiannya : 1) Untuk mengetahui cara menanamkan nilai-nilai agama Islam pada siswa di UPTD SMA Negeri 1 Tanjunganom, 2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam menanamkan nilai-nilai agama Islam pada siswa di UPTD SMA Negeri 1 Tanjunganom.&#xD; Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif, dimana prosedur penelitian yang dihasilkan adalah data deskriptif dan jenis penelitiannya adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.&#xD; Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode penanaman nilai-nilai agama Islam di SMA Negeri 1 Tanjunganom Nganjuk yakni pertama melalui pembiasaan yang diaplikasikan dalam kegiatan tadarus al-Quran setiap pagi dan kegiatan istighosah setiap hari Jumat. Kemudian yang kedua yakni melalui pemberian nasehat. Adapun faktor-faktor yang mendukung proses penanaman nilai-nilai agama Islam pada siswa yakni tersedianya sarana dan prasana sekolah dan adanya dukungan dari kepala sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya yakni daya tampung mushola yang masih kurang.</description><date>2016</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2168/10/932114212%20-%20Pra%20BAB.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2168/5/932114212%20-%20BAB%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2168/4/932114212%20-%20BAB%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2168/11/932114212%20-%20BAB%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2168/3/932114212%20-%20BAB%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2168/9/932114212%20-%20BAB%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2168/6/932114212%20-%20BAB%206.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2168/7/932114212%20-%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2168/8/932114212%20-%20Lampiran.pdf</identifier><identifier> MUSDOLIFAH, MUSDOLIFAH (2016) Metode Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam pada Siswa di UPTD SMA Negeri 1 Tanjunganom Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri. </identifier><recordID>2168</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author MUSDOLIFAH, MUSDOLIFAH
title Metode Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam pada Siswa di UPTD SMA Negeri 1 Tanjunganom Nganjuk
publishDate 2016
topic 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
url http://etheses.iainkediri.ac.id/2168/10/932114212%20-%20Pra%20BAB.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/2168/5/932114212%20-%20BAB%201.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/2168/4/932114212%20-%20BAB%202.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/2168/11/932114212%20-%20BAB%203.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/2168/3/932114212%20-%20BAB%204.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/2168/9/932114212%20-%20BAB%205.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/2168/6/932114212%20-%20BAB%206.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/2168/7/932114212%20-%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/2168/8/932114212%20-%20Lampiran.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/2168/
contents Kata Kunci : Metode, Nilai Agama Islam Idealnya pelaksanaan pendidikan seharusnya merupakan proses alih pengetahuan (transfer of knowledge) dan proses alih nilai (transfer of value) sekaligus. Fakta yang terjadi di lapangan, proses pendidikan nilai, terutama nilai agama hanya terpusat pada pemberian materi-materi ke dalam proses pembelajaran di kelas saja, sedangkan untuk aplikasi dalam kehidupan nyata atau keseharian peserta didik masih sangat minim. Inilah yang menjadi problem pendidikan saat ini. Fokus penelitian ini : 1) Bagaimana metode penanaman nilai-nilai agama Islam pada siswa di UPTD SMA Negeri 1 Tanjunganom?, 2) Faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam menanamkan nilai-nilai agama Islam pada siswa di UPTD SMA Negeri 1 Tanjunganom? dan tujuan penelitiannya : 1) Untuk mengetahui cara menanamkan nilai-nilai agama Islam pada siswa di UPTD SMA Negeri 1 Tanjunganom, 2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam menanamkan nilai-nilai agama Islam pada siswa di UPTD SMA Negeri 1 Tanjunganom. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif, dimana prosedur penelitian yang dihasilkan adalah data deskriptif dan jenis penelitiannya adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode penanaman nilai-nilai agama Islam di SMA Negeri 1 Tanjunganom Nganjuk yakni pertama melalui pembiasaan yang diaplikasikan dalam kegiatan tadarus al-Quran setiap pagi dan kegiatan istighosah setiap hari Jumat. Kemudian yang kedua yakni melalui pemberian nasehat. Adapun faktor-faktor yang mendukung proses penanaman nilai-nilai agama Islam pada siswa yakni tersedianya sarana dan prasana sekolah dan adanya dukungan dari kepala sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya yakni daya tampung mushola yang masih kurang.
id IOS6979.2168
institution IAIN Kediri
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 2572
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Kediri
library_id 2008
collection etheses IAIN Kediri
repository_id 6979
subject_area pendidikan
ekonomi dan bisnis
syariah
dakwah
city KOTA KEDIRI
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6979
first_indexed 2021-03-26T11:52:06Z
last_indexed 2021-03-26T11:52:06Z
recordtype dc
_version_ 1695295579446312960
score 17.538404