Upaya Guru Mata Pelajaran Fiqih dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di MTs Nurul Islam Kota Kediri Tahun Pembelajaran 2015-2016
Daftar Isi:
- Kata kunci: Upaya Guru Mata Pelajaran Fiqh, Prestasi Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh keberhasilan pengajaran yang mana tujuan-tujuan pengajaran itu bisa tercapai, sangat tergantung kepada kemampuan guru. Posisi guru sangat signifikan di dalam pendidikan sebagai fasilitator dan pembimbing, maka guru memiliki tugas yang lebih berat, tidak hanya memegang fungsi transfer pengetahuan, tetapi guru harus berkompetensi dalam mengembangkan dirinya, sehingga upaya guru sangat menentukan keberhasilan dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini, 1) Apa upaya guru fiqih dalam meningkatkan kualitas prestasi belajar peserta didik di MTs Nurul Islam Kota Kediri? 2) Faktor apa saja yang menjadi penghambat dan pendukung upaya guru fiqih dalam meningkatkan kualitas prestasi belajar peserta didik di MTs Nurul Islam Kota Kediri? Penelitian ini berdasarkan lokasi sumber datanya termasuk kategori penelitian lapangan, dan ditinjau dari segi sifat-sifat data termasuk dalam penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan perpanjangan kehadiran, triangulasi, dan klarifikasi dengan informan. Hasil penelitian: 1) Upaya guru Fiqih dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik adalah sebagai berikut: a) memberikan motivasi pada peserta didik, b) menggunakan strategi pembelajaran yang variatif, c) menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan situasi dan kondisi peserta didik, d) Menggunakan media pembelajaran yang menarik sesuai dengan materi pembelajaran. 2) Faktor penghambat upaya guru Fiqh dalam meningkatkan kualitas prestasi belajar peserta didik MTs Nurul Islam Kota Kediri adalah a) Ada peserta didik yang mempunyai kemampuan rendah, b) Terbatasnya pengawasan dari pihak madrasah untuk mengawasi peserta didik, c) Kurangnya kesadaran para peserta didik akan pentingnya belajar. 3) Faktor pendukung a) Penggunaan Media LCD Proyektor membantu memudahkan belajar bagi peserta didik dan memudahkan mengajar bagi pendidik, b) Penggunaan Media LCD Proyektor memberikan pengalaman lebih nyata, c) Penggunaan LCD Proyektor dapat Menarik perhatian dan minat siswa dalam belajar, d) Lama waktu pengajaran yang diperlukan dapat dipersingkat.