Implementasi Pembelajaran Kooperatif TPS (Think Pair Share) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Fiqih Kelas VII-C Mts Negeri Pare Tahun Pelajaran 2015/2016
Daftar Isi:
- Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif, TPS (Think Pair Share), Motivasi Belajar, Mata Pelajaran Fiqih MTs Negeri Pare merupakan salah satu sekolah negeri yang memiliki input siswa dengan prestasi belajar yang bervariasi. Prestasi belajar yang bervariasi disebabkan karena motivasi belajar siswa yang juga beraneka ragam. Hasil observasi terhadap proses kegiatan belajar mengajar mata pelajaran FIQIH kelas VII-C MTs Negeri Pare, menunjukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran kurang, siswa ada yang mengantuk, tiduran didalam kelas, sibuk dengan aktivitas masing-masing yang tidak ada kaitannya dengan pembelajaran, dan mengobrol sendiri dengan teman.Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS)dapatmeningkatkanmotivasibelajar siswa mata pelajaran Fiqih kelas VII-C semester 2 di MTs Negeri Pare tahunpelajaran 2015/2016, (2) mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada mata pelajaran Fiqih kelas VII-C semester 2 di MTs Negeri Pare tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan menggunakan model Think Pair Share (TPS)yang terdiri dari dua siklus dan tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII-C Mts Negeri Pare tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 32 siswa. Dalam penelitian ini teknik pengumpulkan data meliputi observasi, wawancara, partisipasif dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaranFiqih dilihatdari hasil observasi. Hasil dari penilitian ini adalah (1) Pelaksanaan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS)dapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswamatapelajaran FIQIH kelas VII-C semester 2 MTs Negeri Pare tahun pelajaran 2015/2016, (2) Meningkatnya Motivasi belajar siswa kelas VII-C semester 2 MTs Negeri Pare pada mata pelajaran FIQIH setelah diterapkannya model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS)dengan presentase awal 96% siswa kurang termotivasi pada pra siklus, kemudian siklus I sebesar 37% siswa cukup termotivasi dan 6% siswa kurang termotivasi, dan pada siklus II pertemuan pertama sebesar 71% siswa termotivasi dalam belajarnya, dan pada pertemua kedua sebesar 81% siswa termotivasi atau sebanding dengan 26 siswa.