Daftar Isi:
  • Pengetahuan merupakan representasi kognitif dari produk, merk, dan aspek-aspek lingkungan lainnya yang disimpan dalam ingatan. Motivasi dapat diartikan sebagai pemberi daya penggerak yang menciptakan kegairahan seseorang agar mereka mau bekerjasama, bekerja efektif, dan terintegrasi dengan segala upayanya untuk mencapai kepuasan. Pengambilan keputusan konsumen adalah proses pengintegrasian yang mengkombinasikan pengetahuan untuk mengevaluasi dua atau lebih perilaku alternatif, dan memilih salah satu diantaranya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengetahuan santri menjadi nasabah di lembaga keuangan syariah. (2) Untuk mengetahui motivasi santri menjadi nasabah di lembaga keuangan syariah lembaga keuangan syariah.(3) Untuk mengetahui keputusan santri menjadi nasabah di lembaga keuangan syariah. (4) Untuk mengetahui pengaruh pengetahuan terhadap keputusan menjadi nasabah di lembaga keuangan syariah (5) Untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap keputusan menjadi nasabah di lembaga keuangan syariah. (6) Untuk mengetahui pengaruh pengetahuan dan motivasi terhadap keputusan menjadi nasabah di lembaga keuangan syariah Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh santri dengan tingkat pendidikan sebagai mahasiswa yang mempunyai rekening di lembaga keuangan syariah sebanyak 65 santri. Sampel yang digunakan yaitu seluruh populasi. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan metode angket dan dokumentasi. Peneliti menganalisis data dengan cara uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji korelasi ganda, persamaan regresi berganda, uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pengetahuan santri dengan rata-rata (mean) senilai 15,63 berada pada kategori cukup. Motivasi dengan rata-rata (mean) senilai 20,09 berada pada kategori cukup. Pengambilan keputusan santri dengan rata-rata (mean) senilai 19,15 berada pada kategori cukup. Berdasarkan pengujian hipotesis, nilai thitung untuk variabel pengetahuan adalah 0,208 tidak berpengaruh terhadap pengambilan keputusan, nilai thitung untuk variabel motivasi adalah 5,176 motivasi berpengaruh terhadap pengambilan keputusan. Pengetahuan dan motivasi berpengaruh terhadap pengambilan keputusan menjadi nasabah. Pengujian hipotesis uji simultan, menghasilkan nilai Fhitung yaitu 19.143. Analisis data menggunakan regresi berganda dengan persamaan Y= 4,043+ 0,041X1+ 0,720X2. Dihasilkan nilai determinan sebesar 38,2%.