Daftar Isi:
  • Kata Kunci: Guru agama Islam, motivasi belajar Guru agama Islam merupakan instrumen kunci dalam pendidikan. Guru sebagai pendidik dan pembimbing tidak hanya mentransfer ilmu saja tetapi juga harus bisa memotivasi siswa dalam belajar. Dengan demikian diperlukan upaya Guru dalam memotivasi siswa, guru juga dituntut untuk mampu mengelola atau memvariasi pembelajaran agar siswa tidak jenuh dengan materi yang diajarkan dan motivasi belajar siswa menjadi meningkat. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas XI IPA di SMAN 1 Pace?; (2) Bagaimana upaya guru agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa siswa kelas XI IPA di SMAN 1 Pace?; (3) Apa faktor pendukung dan penghambat guru agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPA di SMAN 1 Pace?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: 1. Motivasi belajar siswa kelas XI IPA di SMAN 1 Pace pada mata pelajaran pendidikan agama Islam baik, yang dilihat dari siswa yang antusias mengikuti pelajaran, memperhatikan dan mencatat serta nilai yang di atas KKM. 2. Upaya guru agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPA di SMAN 1 Pace adalah a). Menggunakan metode pembelajaran yang bervariatif, b). Penggunaan media pembelajaran yang menarik (LCD), c). Memberikan nasehat, d). Memberikan pujian kepada siswa. 3. Faktor pendukung dalam meningkatkan motivasi belajar siswa adalah adanya fasilitas dari sekolah yang memadai (LCD, buku-buku penunjang, LKS dan buku paket pendidikan agama Islam), faktor penghambatnya adalah kondisi siswa (kelelahan).