Daftar Isi:
  • ABSTRAK NIKI HARDIANTI, Perbedaan Minat Antara Siswa Smk Negeri 1 Ngasem Kediri Dan Sma Negeri 4 Kediri Dalam Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, IAIN Kediri, Pembimbing Ahmad Taufiq, M.Si dan Dewi Hamidah M. Pd Kata kunci : perbedaan, Minat, Siswa SMK dan SMA, Melanjutkan Studi, Program Studi PAI Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) seberapa tinggi minat siswa Sekolah Menengah Kejuruan dalam melanjutkan studi ke perguruan tinggi program studi Pendidikan Agama Islam. 2) seberapa tinggi minat siswa Sekolah Menengah Atas dalam melanjutkan studi ke perguruan tinggi program studi Pendidikan Agama Islam. 3) apakah terdapat perbeaan minat antara siswa Sekolah Menengah Kejuruan dan Sekolah Menengah Atas dalam melanjutkan studi ke perguruan tinggi program studi Pendidikan Agama Islam. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dan lokasi penelitianya di SMK Negeri 1 Ngasem Kediri dan SMA Negeri 4 Kediri. . Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 1 Ngasem Kediri dan siswa SMA Negeri 4 Kediri, sedangkan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 190 siswa, 90 siswa dari SMK Negeri 1 Ngasem Kediri dan 100 siswa dari SMA Negeri 4 Kediri. Instrumen yang digunakan adalah angket sedang perhitungannya menggunakan uji sampel t test yang diolah menggunakan aplikasi SPSS 16.0. Hasil yang didapat dari penelitian yaitu 1) minat siswa SMK Negeri 1 Ngasem Kediri dalam melanjutkan studi ke perguruan tinggi program studi Pendidikan Agama Islam kategori tinggi dengan nilai rata-rata 83,13. 2) minat siswa SMA Negeri 4 Kediri dalam melanjutkan studi ke perguruan tinggi program studi Pendidikan Agama Islam kategori sedang dengan nilai rata-rata 81,78. 3) tidak terdapat perbedaan anata siswa SMK Negeri 1 Ngasem Kediri dan siswa SMA Negeri 4 Kediri dalam melanjutkan studi ke perguruan tinggi program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan nilai T hitungnya sebesar 0,102 dengan nilai signifikansi 0,102 > 0,05.