Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Menurut Dr. Eus Karyawati, S.Kom, MPd
Daftar Isi:
- ABSTRAK VIYA NI’MATUL MAOLA, 2020, Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Menurut Dr. Eus Karyawati, S.Kom, MPd, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri. Pembimbing (1) H. Saifullah, M. Ag. Pembimbing (2) M. Alim Khoiri, S.H.I. M.Sy. Kata Kunci: Strategi, Kepala Madrasah, Mutu Lulusan Peningkatan mutu lulusan dilihat dari berbagai aspek. Lembaga pendidikan harus memberikan pelayanan pendidikan yang baik agar motivasi belajar peserta didik meningkat dan akhirnya mutu pendidikan dan lulusan juga meningkat. Rendahnya kemampuan bersaing lulusan sekolah banyak disebabkan oleh kualitashasil lulusan yang belum sesuai dengan target lulusan. Penelitian ini akan membahas masalah tentang (1) peran kepala madrasah dalam meningkatkan mutu lulusan. (2) strategi kepala madrasah dalam meningkatkan mutu lulusan (3) bagaimana kepala madrasah dalam menigkatkan mutu lulusan. Penelitian ini menggunakan metode penelian bersifat kepustakaan. Data dan sumber data mencakup data primer dan sekunder. Pengumpulan data diperoleh dari buku-buku yang relevan, dan jurnal.analisis data. Hasil dari penelitian ini meliputi: (1) pertama sebagai pendidik (educator), kepala madrasah harus memiliki strategi yang tepat untuk meningkatkan profesionalisme tenaga kependidikan di madrasahnya. Kedua, sebagai supervisor, disini kepala madrasah dituntut melakukan pengawasan dan pengendalian untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Ketiga,sebagai pimpinan (leader), mampu memberikan petunjuk dan pengawasan, meningkatkan kemampuan tenaga kependiikan, percaya diri berjiwa besar, berani mengambil resiko dan keputusan, emosi stabil dan patut menjadi teladan. Keempat, sebagai manajer, disini kepala madrasah mempunyai peran yang sangat strategis dalam meningkatkan mutu lulusan di madrasah juga partisipasi masyarakat untuk ikut berperan serta dalam memajukan silingkungan sekitar. Kelima, sebagai administrator,kepala madrasah memiliki hubungan yang sangat erat dengan berbagai aktivitas pengelolaan administrasi yang bersifat pencatat dan penyusunan. Keenam,sebagai inovator, disini kepala madrasah harus memiliki strategi yang tepat untuk menjalin hubungan yang harmonis dengan lingkungan, mencari gagasan baru. Ketuju,sebagai motivator, kepala madrasah harus memberikan motivasi kepada para tenaga kependidikan. (2) strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu lulusan. Strategi kepala sekolah dengan mengembangkan kurikulum secara berkelanjutan, meningkatkan mutu pembelajaran, memperkuat sumber daya guru, kepemimpinan yang kuat.(3) Untuk bisa menghasilkan mutu yang berkualitas maka harus membandingkan terlebih dahulu antara mutu yang telah lalu dan yang sekarang, menggunakan mutu dari organisasi lain, menetapkan mutu yang di inginkan, mutu menurut pertimbangan professional, mutu yang direncanakan, mutu optimal.