Peran Aktif Guru Aqidah Akhlak dalam Menanggulangi Kenakalan Siswa Di MTs. Raudlatut Thalabah Kolak Wonorejo Ngadiluwih Kediri
Daftar Isi:
- Kenakalan remaja, khususnya pada remaja usia sekolah menjadi masalah serius yang harus segera ditanggulangi. Dengan semakin meningkatnya perilaku kriminalitas dikalangan siswa, tidak hanya membuat resah para orang tua dan masyarakat, namun juga meresahkan para guru di sekolah. Sekolah merupakan tempat yang strategis untuk membentuk akhlak siswa. Oleh karena itu perlu perhatian serta peran aktif dari guru Aqidah Akhlak dalam menanggulangi kenakalan siswa. Guru Aqidah Akhlak dianggap yang paling bertanggung jawab dalam penanaman nilai-nilai ketauhidan serta harus dapat menjadi uswatun hasanah bagi para siswanya. Fokus penelitian ini adalah: 1. Apa saja jenis kenakalan siswa di MTs. Raudlatut Thalabah Kolak Wonorejo Ngadiluwih Kediri? 2. Pendekatan apakah yang diterapkan oleh guru Aqidah Akhlak dalam menanggulangi kenakalan siswa di MTs. Raudlatut Thalabah Kolak Wonorejo Ngadiluwih Kediri? 3. Metode apa saja yang digunakan oleh guru Aqidah Akhlak dalam menanggulangi kenakalan siswa di MTs. Raudlatut Thalabah Kolak Wonorejo Ngadiluwih Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subyek penelitian/informan adalah kepala sekolah, guru Aqidah Akhlak, guru BP/BK dan siswa. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data yang ada, pengambilan data, pengecekan keabsahan data, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Dari penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh hasil penelitian yaitu: 1. Jenis kenakalan siswa di MTs. Raudlatut Thalabah Kolak Wonorejo Ngadiluwih Kediri dilihat dari bentuk kenakalannya maka dapat digolongkan menjadi dua jenis yaitu kenakalan yang menimbulkan korban fisik yaitu perkelahian serta jenis kenakalan yang melawan status seperti membolos dan tindakan-tindakan yang melanggar tata tertib Madrasah, 2. Pendekatan yang diterapkan oleh guru Aqidah Akhlak dalam menanggulangi kenakalan siswa di MTs. Raudlatut Thalabah Kolak Wonorejo Ngadiluwih Kediri adalah penanaman nilai (inculcation approach). 3. Metode yang digunakan oleh guru Aqidah Akhlak dalam menanggulangi kenakalan siswa di MTs. Raudlatut Thalabah Kolak Wonorejo Ngadiluwih Kediri adalah metode hiwar (percakapan) dengan media audio visual serta dengan menggunakan metode keteladanan. Kata Kunci: Guru Aqidah Akhlak, Kenakalan Siswa, Peran Aktif.