Pengaruh Kecerdasan Interpersonal dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akhidah Ahklak di Kelas VII MTS Negeri 3 Kediri Tahun Pelajaran 2019/2020
Daftar Isi:
- ABSTRAK Dosen Pembimbing Dr. H. ALI ANWAR, M.Ag dan M. DESTA PRADANA, M.Pd : pengaruh kecerdasan interpersonal dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akhidah ahklak di kelas vii mts negeri 3 kediri Tahun Pelajaran 2019/2020, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, IAIN Kediri, 2020 Kata Kunci : pengaruh, kecerdasan interpersonal, motivasi belajar, dan prestasi belajar Berdasarkan teori yang digunakan oleh peneliti, penelitian ini bertujuan untuk; (1) mengetahui pengaruh kecerdasan interpersonal terhadap prestasi belajar akhidah ahklak di kelas VII MTs Negeri 3 Kediri. (2) mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar akhidah ahklak di kelas VII MTs Negeri 3 Kediri. (3) mengetahui pengaruh kecerdasan interpersonal dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akhidah ahklak di kelas VII MTs Negeri 3 Kediri. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan lokasinya di MTs Negeri 3 Kediri khususnyakelas VII. Populasi dalam penelitianini berjumlah 311 siswa dan diambil sampel sejumlah 164 siswa. Tehkik pengumpulan data menggunakan instrument yang berupa angket. Hasil dari penelitian ini adalah (1) dari hasil analisis penghitungan kecerdasan interpersonal terhadap prsetasi belajar Akhidah Ahklak, menunjukkan besarnya pengaruh mencapai 3,9%. (2) dari hasil analisis penghitungan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Akhidah Ahklak, menunjukkan besarnya pengaruh mencapai 4,2%. (3) dari hasil analisis liner berganda menunjukkan besarnya pengaruh Kecerdasan Interpersonal (X1) dan Motivasi Belajar (X2) terhadap Prestasi Belajar (Y) siswa kelas VII MTs Negeri 3 Kediri sebesar 6,6%.