Daftar Isi:
  • Belajar adalah setiap perubahan yang relatif menetap dalam tingkah laku yang terjadi sebagai suatu hasil dari latihan atau pengalaman. Faktor-faktor yang mempengaruhi belajar meliputi faktor intern salah satunya motivasi,keaktifan belajar, kematangan, kesiapan dan kedisiplinan dalam belajar, serta faktor ekstern seperti keluarga, masyarakat, guru, sarana dan prasarana sekolah. Gaya belajar merupakan kecenderungan untuk mengadaptasi suatu strategi belajar tertentu. keaktifan belajar adalah kegiatan atau kesibukan peserta didik untuk bertindak yang positif, baik itu yang berbentuk sikap, tingkah laku siswa selama berlangsungnya proses belajar mengajar dalam jangka waktu tertentu. Permasalahan yang akan dikaji adalah: 1) Seberapa besar pengaruh gaya belajar siswa terhadap prestasi siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas XI IPA SMAN I Purwoasri Kediri? 2) Seberapa besar pengaruh keaktifan belajar siswa terhadap prestasi siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas XI IPA SMAN I Purwoasri Kediri? 3) Seberapa besar pengaruh gaya belajar siswa dan keaktifan belajar siswa terhadap prestasi siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas XI IPA SMAN I Purwoasri Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi seluruh siswa kelas XI reguler di SMA Negeri 1 Purwoasri Kediri yang berjumlah 89 siswa dengan mengambil sampel 70 siswa, instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan dokumentasi, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil yang didapat dari penelitian yaitu tidak terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya belajar dan prestasi belajar siswa.Persamaan yang didapat dari analisis regresi pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa adalah Y= 81,175 – 0,448 d_auditori - 0,333 d_kiestetik. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa sebesar 0,296, yaitu sebesar 4,2 %. Persamaan yang didapat dari analisis regresi pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa adalah Y= 78,639 +0,020 X Keaktifan Belajar (X2). Dan tidak bersama-sama terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya belajar siswa dan keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa sebesar 0,243, yaitu sebesar 5,9%. Persamaan regresi ganda yang dihasilkan adalah Y = 79,414+ 0,014 X_1 – 0,386 d_auditori - 0,189 d_kinestetik Kata kunci: Pengaruh,Gaya Belajar, Keaktifan Belajar, Prestasi Belajar.