Pengaruh Variasi Mengajar dan Kecerdasan Emosional Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Fiqih di Man Krecek Pare Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016
Daftar Isi:
- Variasi dalam pembelajaran adalah perubahan dalam proses kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik, serta mengurangi kejenuhan dan kebosanan. Emotional Inelligence (kecerdasan Emosional ) menurut Goleman, adalah kemampuan merasakan, memahami, dan dengan efektif menerapkan daya dan kepekaan emosi sebagai sumber energi, informasi, dan pengaruh yang manusiawi dengan baik pada diri sendiri dan dalm hubungan dengan orang lain.Belajar adalah setiap perubahan yang relatif menetap dalam tingkah laku yang terjadi sebagai suatu hasil dari latihan atau pengalaman. Faktor-faktor yang mempengaruhi belajar meliputi faktor intern salah satunya motivasi, kematangan, kesiapan dan kedisiplinan dalam belajar, serta faktor ekstern seperti keluarga, masyarakat, guru, sarana dan prasarana sekolah. Motivasi adalah suatu perubahan energi didalam pribadi seseorang yang ditandai dengan timbulnya afektif atau perasaan dan reaksi untuk mencapai tujuan.Permasalahan yang akan dikaji adalah: 1)Bagaimana variasi mengajar guru fiqih di MAN Krecek Pare Kabupaten Kediri? 2)Bagaimana kecerdasan emosional guru fiqih di MAN Krecek Pare Kabupaten Kediri? 3)Bagaimana motivasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran fiqih di MAN Krecek Pare kediri?4)Bagaimana pengaruh variasi mengajar terhadap motivasi belajar siswa Kelas XI pada mata pelajaran fiqih di MAN Krecek Pare Kediri? 5)Bagaimana pengaruh kecerdasan emosional guru terhadap motivasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran fiqih di MAN Krecek Pare Kabupaten Kediri? 6)Bagaimana pengaruh variasi mengajar dan kecerdasan emosional guru terhadap motivasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran fiqih di MAN Krecek Pare Kabupaten Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi seluruh siswa kelas XI di MAN Krecek Pare Kabupaten Kediri yang berjumlah 287 siswa, pengambilan sampel menggunakan teknik simpel random sampling dengan jumlah sampel 160 siswa, instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan dokumentasi, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda yang digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel variasi mengajar dan kecerdasan emosional guru terhadap motivasi belajar siswa. Hasil yang didapat dari penelitian yaitu terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variasi mengajar terhadap motivasi belajar siswa sebesar 0,313 yaitu sebesar 9,8%. Persamaan yang didapat dari analisis regresi pengaruh variasi mengajar terhadap motivasi belajar siswa adalah Y=58,883+0,361.X1. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional guru terhadap motivasi belajar siswa sebesar 10,8 %. Persamaan yang didapat dari analisis regresi pengaruh kecerdasan emosional guru terhadap motivasi belajar siswa adalah Y=64,8361+0,263.X2. Dan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variasi mengajar dan kecerdasan emosional guru terhadap motivasi belajar siswa sebesar 15,2%. Persamaan regresi ganda yang dihasilkan adalah Y=48,509 + 0,260 . X1 + 0,199 . X2. Kata kunci: Pengaruh,Variasi Mengajar, Kecerdasan Emosional Guru, Motivasi Belajar