Daftar Isi:
  • ABSTRAK TREZA YULIAN PUSPITA RESTU, Dosen pembimbing Rofik Efendi, S. Kom, MM. dan Amrul Mutaqin, M. EI. Preferensi Nasabah Dalam Memilih Akad Murabahah Di BMT Lantasir Kediri. Ekonomi Syariah, Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Kediri, 2020. Kata Kunci: Preferensi, Nasabah dan Murabahah Preferensi yaitu digambarkan sebagai sikap konsumen terhadap produk dan jasa sebagai evaluasi dari sifat kognitif seseorang, perasaan emosional dan kecenderungan bertindak melalui objek atau ide. Preferensi nasabah juga dapat diartikan rasa suka terhadap sesuatu dibandingkan dengan yang lainnya. Dalam hal ini nasabah di BMT Lantasir Kediri memilih menggunakan salah satu akad yang sangat dibutuhkan, akad yang digunakan untuk keperluan modal usaha bagi nasabah. BMT Lantasir Kediri sebagai lembaga yang bergerak dibidang jasa keuangan harus bisa memperhatikan keinginan dan kebutuhan nasabah yang pada akhirnya bisa menjadikan pelanggan tetap. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui preferensi nasabah dengan menggunakan produk di BMT Lantasir Kediri yaitu akad Murabahah yang paling banyak diminti nasabah di BMT Lantasir Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian BMT Lantasir Kediri, karyawan dan nasabah. Metode pengumpulan data terdiri dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. akad Murabahah di BMT Lantasir Kediri yang digunakan untuk modal usaha, seperti: usaha warung, perancangan, toko bangunan, dan material. Pelaksanaan akad Murabahah di BMT Lantasir Kediri sangat baik dan memenuhi syarat-syarat yang ditentukan. 2. Preferensi nasabah di BMT Lantasir Kediri dengan menggunakan akad Murabahah karena menurut nasabah sangatlah mudah, prosesnya lebih cepat, dan, persyaratnnya lebih mudah, dibandingkan akad lainnya. Pelayanannya ramah, dan tempatnya nyaman. BMT Lantasir Kediri sangat mementingkan kebutuhan masyarakat, memiliki popularitas dan kepercayaan untuk nasabahnya, dibuktikan dengan meningkatnya jumlah nasabah keseluruhan dari tahun 2016-2019 meningkat mencapai 390,69%.