Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menguji Teori Horton bahwa strategi pembelajaran berbasis online dapat mempengaruhi minat belajar SKI di MTs Raudlatut Thalabah dan (2) Mengetahui seberapa tinggi minat belajar SKI peserta didik yang menerapkan strategi pembelajaran konvensional dan strategi pembelajaran berbasis online di MTs Raudlatut Thalabah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian eksperimen semu, desain penelitian post test only non equivalent control group design, sampel penelitian yaitu kelas 7A dan 7C yang masing-masing berjumlah 28 peserta didik, pengambilan sampel berdasarkan tawaran pihak sekolah, instrumen yang dipakai yaitu skala psikologi, teknik analisis yang dipakai yaitu ttest of independent. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Teori Horton tidak membuktikan bahwa strategi pembelajaran online dapat mempengaruhi minat belajar yang kemungkinan disebabkan oleh hambatan-hambatan yang ditemukan selama penelitian. Namun, Teori Horton dapat dimodifikasi dengan mengganti metode, media, atau hal lain sehingga strategi pembelajaran berbasis online dapat mempengaruhi minat belajar (2) Rata-rata minat belajar SKI peserta didik yang menerapkan strategi pembelajaran konvensional yaitu 51,57 masuk kriteria tinggi dan rata-rata minat belajar SKI peserta didik yang menerapkan strategi pembelajaran berbasis online yaitu 55,07 juga masuk kriteria tinggi.