Daftar Isi:
  • Pendidikan agama islam merupakan salah satu pendidikan penting dalam keluarga, perkembangan agama pada anak terjadi pada pengalaman hidupnya sejak kecil. Semakin banyak unsur agama yang mereka peroleh melalui islamic parenting dari orang tua maka anak akan bersikap, bertindak dan berkelakuan yang baik sesuai ajaran agama. Oleh karena itu peneliti mengambil fokus pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana Perencananan Islamic Parenting pada anak usia 9-15 tahun di lingkungan keluarga Pedagang Pasar di Desa Tales Ngadiluwih Kediri ? (2) Bagaimana Pelaksanaan Islamic Parenting pada anak usia 9-15 tahun di lingkungan keluarga Pedagang Pasar di Desa Tales Ngadiluwih Kediri ? (3) Bagaimana Evaluasi Islamic Parenting pada anak usia 9-15 tahun di lingkungan keluarga Pedagang Pasar di Desa Tales Ngadiluwih Kediri? Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, studi kasus merupakan penelitian yang mendalam tentang individu, satu kelompok, satu program kegiatan dalam waktu tertentu. Lokasi penelitian ini di desa tales kecamatan ngadiluwih, kabupaten kediri. Sumber data dari 10 orang tua yang bekerja sebagai pedagang pasar dan 10 anak yang orang tua mereka bekerja sebagai pedagang pasar. Pengumpulan data melalui : observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data data melalui tiga tahapan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat, dan trianggulasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan (1) perencanaan islamic pareting pada anak yang dilakukan orang tua adalah menentukan tujuan, menentukan metode, menentukan fasilitas (2) pelaksanaan (bentuk-bentuk) dalam islamic parenting pada anak adalah pendidikan akidah, pendidikan akhlakkulkarimah, pendidikan ibadah. 3) evaluasi islamic parenting pada anak dapat di lihat dari perubahan perilaku anak dan pengalaman anak saat belajar.