ctrlnum 2030
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.iainkediri.ac.id/2030/</relation><title>Relevansi Full Day School Dalam&#xD; Membangun Kedisiplinan Belajar Siswa Di MAN 3 Kediri Kabupaten Kediri</title><creator>Al Bab, Muhammad Ulil</creator><subject>130303 Education Assessment and Evaluation</subject><description>Full Day School adalah sekolah yang pelaksanaanya sehari penuh dengan&#xD; proses pembelajarannya mulai pagi hingga sore yang mana sekolah tersebut&#xD; memberikan waktu tambahan untuk memperdalam materi pelajaran tertentu.&#xD; MAN 3 Kediri Kabupaten Kediri menerapkan Full Day School mulai dari pukul&#xD; 06.30-15.30 WIB, dimana sekolah dengan leluasa mengatur segala kegiatan&#xD; pembelajaran, baik itu jadwal pelajaran sampai kegiatan ekstrakulikuler, dimana&#xD; inti dari setiap kegiatan pembelajaran yaitu mengedepankan nilai-nilai keagamaan&#xD; dan kedisiplinan belajar siswa. kedisiplinan belajar siswa adalah suatu sikap yang&#xD; menunjukkan kepatuhan terhadap peraturan yang berkenaan dengan masalah&#xD; belajar, baik peraturan yang dibuat oleh guru, sekolah, yang dapat dijadikan&#xD; sebagai perubahan tingkah laku pada diri siswa. MAN 3 Kediri Kabupaten Kediri&#xD; memiiki dua cara untuk membangun kedisiplinan belajar siswa yaitu melalui&#xD; kegiatan keagamaan dan kegiatan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk&#xD; mendeskripsikan (1) Bagaimana relevansi Full Day School dalam membangun&#xD; kedisiplinan belajar siswa di MAN 3 Kediri Kabupaten Kediri (2) Apa saja faktor&#xD; pendukung dan penghambat Relevansi Full Day School dalam membangun&#xD; kedisiplinan belajar siswa di MAN 3 Kediri Kabupaten Kediri&#xD; Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya&#xD; adalah studi kasus. Penelitian dilakukan di MAN 3 Kediri Kabupaten Kediri.&#xD; Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dengan&#xD; kepala MAN 3 Kediri Kabupaten Kediri, wakil kepala bagian kurikulum, wakil&#xD; kepala bagian kesiswaan, guru, guru (Bimbingan Konseling) BK, dan siswa MAN&#xD; 3 Kediri Kabupaten Kediri, dan mengumpulkan dokumentasi yang diperlukan&#xD; dalam penelitian ini.&#xD; Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Bagaimana relevansi Full&#xD; Day School dalam membangun kedisiplinan belajar siswa di MAN 3 Kediri&#xD; Kabupaten Kediri. Full Day School yang ada di MAN 3 Kediri Kabupaten Kediri&#xD; dalam membangun kedisiplinan belajar siswa melalui dua kegiatan yaitu kegiatan&#xD; keagamaan dan kegiatan sosial yang masih berjalan dengan cukup baik. (2) Apa&#xD; saja faktor pendukung dan penghambat Relevansi Full Day School dalam&#xD; membangun kedisiplinan belajar siswa di MAN 3 Kediri. adanya faktor&#xD; pendukung seperti: Adanya sosialiasi tata tertib sejak masa ta&#x2019;aruf siswa&#xD; madrasah, Adanya Kegiatan Ekstrakulikuler pramuka wajib yang bertujuan untuk&#xD; melatih kedisplinan belajar siswa. Akan tetapi dalam penerapan Full Day School&#xD; dalam membangun kedisiplinan belajar siswa MAN 3 Kediri juga memiliki faktor&#xD; penghambat seperti : Kurangnya pengawasan dari orang tua, pengaruh media&#xD; masa dan game online.</description><date>2020</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2030/1/932117116%20prabab.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2030/2/932117116%20bab1.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2030/3/932117116%20bab2.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2030/4/932117116%20bab3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2030/5/932117116%20bab4.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2030/6/932117116%20bab5.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2030/7/932117116%20bab6.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2030/8/932117116%20DP.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2030/9/932117116%20lampiran.pdf</identifier><identifier> Al Bab, Muhammad Ulil (2020) Relevansi Full Day School Dalam Membangun Kedisiplinan Belajar Siswa Di MAN 3 Kediri Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri. </identifier><recordID>2030</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Al Bab, Muhammad Ulil
title Relevansi Full Day School Dalam Membangun Kedisiplinan Belajar Siswa Di MAN 3 Kediri Kabupaten Kediri
publishDate 2020
topic 130303 Education Assessment and Evaluation
url http://etheses.iainkediri.ac.id/2030/1/932117116%20prabab.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/2030/2/932117116%20bab1.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/2030/3/932117116%20bab2.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/2030/4/932117116%20bab3.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/2030/5/932117116%20bab4.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/2030/6/932117116%20bab5.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/2030/7/932117116%20bab6.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/2030/8/932117116%20DP.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/2030/9/932117116%20lampiran.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/2030/
contents Full Day School adalah sekolah yang pelaksanaanya sehari penuh dengan proses pembelajarannya mulai pagi hingga sore yang mana sekolah tersebut memberikan waktu tambahan untuk memperdalam materi pelajaran tertentu. MAN 3 Kediri Kabupaten Kediri menerapkan Full Day School mulai dari pukul 06.30-15.30 WIB, dimana sekolah dengan leluasa mengatur segala kegiatan pembelajaran, baik itu jadwal pelajaran sampai kegiatan ekstrakulikuler, dimana inti dari setiap kegiatan pembelajaran yaitu mengedepankan nilai-nilai keagamaan dan kedisiplinan belajar siswa. kedisiplinan belajar siswa adalah suatu sikap yang menunjukkan kepatuhan terhadap peraturan yang berkenaan dengan masalah belajar, baik peraturan yang dibuat oleh guru, sekolah, yang dapat dijadikan sebagai perubahan tingkah laku pada diri siswa. MAN 3 Kediri Kabupaten Kediri memiiki dua cara untuk membangun kedisiplinan belajar siswa yaitu melalui kegiatan keagamaan dan kegiatan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Bagaimana relevansi Full Day School dalam membangun kedisiplinan belajar siswa di MAN 3 Kediri Kabupaten Kediri (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat Relevansi Full Day School dalam membangun kedisiplinan belajar siswa di MAN 3 Kediri Kabupaten Kediri Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah studi kasus. Penelitian dilakukan di MAN 3 Kediri Kabupaten Kediri. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dengan kepala MAN 3 Kediri Kabupaten Kediri, wakil kepala bagian kurikulum, wakil kepala bagian kesiswaan, guru, guru (Bimbingan Konseling) BK, dan siswa MAN 3 Kediri Kabupaten Kediri, dan mengumpulkan dokumentasi yang diperlukan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Bagaimana relevansi Full Day School dalam membangun kedisiplinan belajar siswa di MAN 3 Kediri Kabupaten Kediri. Full Day School yang ada di MAN 3 Kediri Kabupaten Kediri dalam membangun kedisiplinan belajar siswa melalui dua kegiatan yaitu kegiatan keagamaan dan kegiatan sosial yang masih berjalan dengan cukup baik. (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat Relevansi Full Day School dalam membangun kedisiplinan belajar siswa di MAN 3 Kediri. adanya faktor pendukung seperti: Adanya sosialiasi tata tertib sejak masa ta’aruf siswa madrasah, Adanya Kegiatan Ekstrakulikuler pramuka wajib yang bertujuan untuk melatih kedisplinan belajar siswa. Akan tetapi dalam penerapan Full Day School dalam membangun kedisiplinan belajar siswa MAN 3 Kediri juga memiliki faktor penghambat seperti : Kurangnya pengawasan dari orang tua, pengaruh media masa dan game online.
id IOS6979.2030
institution IAIN Kediri
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 2572
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Kediri
library_id 2008
collection etheses IAIN Kediri
repository_id 6979
subject_area pendidikan
ekonomi dan bisnis
syariah
dakwah
city KOTA KEDIRI
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6979
first_indexed 2021-03-26T11:52:02Z
last_indexed 2021-03-26T11:52:02Z
recordtype dc
_version_ 1695295578480574464
score 17.538404