Relevansi Full Day School Dalam Membangun Kedisiplinan Belajar Siswa Di MAN 3 Kediri Kabupaten Kediri
ctrlnum |
2030 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.iainkediri.ac.id/2030/</relation><title>Relevansi Full Day School Dalam
Membangun Kedisiplinan Belajar Siswa Di MAN 3 Kediri Kabupaten Kediri</title><creator>Al Bab, Muhammad Ulil</creator><subject>130303 Education Assessment and Evaluation</subject><description>Full Day School adalah sekolah yang pelaksanaanya sehari penuh dengan
proses pembelajarannya mulai pagi hingga sore yang mana sekolah tersebut
memberikan waktu tambahan untuk memperdalam materi pelajaran tertentu.
MAN 3 Kediri Kabupaten Kediri menerapkan Full Day School mulai dari pukul
06.30-15.30 WIB, dimana sekolah dengan leluasa mengatur segala kegiatan
pembelajaran, baik itu jadwal pelajaran sampai kegiatan ekstrakulikuler, dimana
inti dari setiap kegiatan pembelajaran yaitu mengedepankan nilai-nilai keagamaan
dan kedisiplinan belajar siswa. kedisiplinan belajar siswa adalah suatu sikap yang
menunjukkan kepatuhan terhadap peraturan yang berkenaan dengan masalah
belajar, baik peraturan yang dibuat oleh guru, sekolah, yang dapat dijadikan
sebagai perubahan tingkah laku pada diri siswa. MAN 3 Kediri Kabupaten Kediri
memiiki dua cara untuk membangun kedisiplinan belajar siswa yaitu melalui
kegiatan keagamaan dan kegiatan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan (1) Bagaimana relevansi Full Day School dalam membangun
kedisiplinan belajar siswa di MAN 3 Kediri Kabupaten Kediri (2) Apa saja faktor
pendukung dan penghambat Relevansi Full Day School dalam membangun
kedisiplinan belajar siswa di MAN 3 Kediri Kabupaten Kediri
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya
adalah studi kasus. Penelitian dilakukan di MAN 3 Kediri Kabupaten Kediri.
Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dengan
kepala MAN 3 Kediri Kabupaten Kediri, wakil kepala bagian kurikulum, wakil
kepala bagian kesiswaan, guru, guru (Bimbingan Konseling) BK, dan siswa MAN
3 Kediri Kabupaten Kediri, dan mengumpulkan dokumentasi yang diperlukan
dalam penelitian ini.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Bagaimana relevansi Full
Day School dalam membangun kedisiplinan belajar siswa di MAN 3 Kediri
Kabupaten Kediri. Full Day School yang ada di MAN 3 Kediri Kabupaten Kediri
dalam membangun kedisiplinan belajar siswa melalui dua kegiatan yaitu kegiatan
keagamaan dan kegiatan sosial yang masih berjalan dengan cukup baik. (2) Apa
saja faktor pendukung dan penghambat Relevansi Full Day School dalam
membangun kedisiplinan belajar siswa di MAN 3 Kediri. adanya faktor
pendukung seperti: Adanya sosialiasi tata tertib sejak masa ta’aruf siswa
madrasah, Adanya Kegiatan Ekstrakulikuler pramuka wajib yang bertujuan untuk
melatih kedisplinan belajar siswa. Akan tetapi dalam penerapan Full Day School
dalam membangun kedisiplinan belajar siswa MAN 3 Kediri juga memiliki faktor
penghambat seperti : Kurangnya pengawasan dari orang tua, pengaruh media
masa dan game online.</description><date>2020</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2030/1/932117116%20prabab.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2030/2/932117116%20bab1.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2030/3/932117116%20bab2.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2030/4/932117116%20bab3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2030/5/932117116%20bab4.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2030/6/932117116%20bab5.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2030/7/932117116%20bab6.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2030/8/932117116%20DP.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2030/9/932117116%20lampiran.pdf</identifier><identifier> Al Bab, Muhammad Ulil (2020) Relevansi Full Day School Dalam Membangun Kedisiplinan Belajar Siswa Di MAN 3 Kediri Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri. </identifier><recordID>2030</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Al Bab, Muhammad Ulil |
title |
Relevansi Full Day School Dalam
Membangun Kedisiplinan Belajar Siswa Di MAN 3 Kediri Kabupaten Kediri |
publishDate |
2020 |
topic |
130303 Education Assessment and Evaluation |
url |
http://etheses.iainkediri.ac.id/2030/1/932117116%20prabab.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/2030/2/932117116%20bab1.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/2030/3/932117116%20bab2.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/2030/4/932117116%20bab3.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/2030/5/932117116%20bab4.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/2030/6/932117116%20bab5.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/2030/7/932117116%20bab6.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/2030/8/932117116%20DP.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/2030/9/932117116%20lampiran.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/2030/ |
contents |
Full Day School adalah sekolah yang pelaksanaanya sehari penuh dengan
proses pembelajarannya mulai pagi hingga sore yang mana sekolah tersebut
memberikan waktu tambahan untuk memperdalam materi pelajaran tertentu.
MAN 3 Kediri Kabupaten Kediri menerapkan Full Day School mulai dari pukul
06.30-15.30 WIB, dimana sekolah dengan leluasa mengatur segala kegiatan
pembelajaran, baik itu jadwal pelajaran sampai kegiatan ekstrakulikuler, dimana
inti dari setiap kegiatan pembelajaran yaitu mengedepankan nilai-nilai keagamaan
dan kedisiplinan belajar siswa. kedisiplinan belajar siswa adalah suatu sikap yang
menunjukkan kepatuhan terhadap peraturan yang berkenaan dengan masalah
belajar, baik peraturan yang dibuat oleh guru, sekolah, yang dapat dijadikan
sebagai perubahan tingkah laku pada diri siswa. MAN 3 Kediri Kabupaten Kediri
memiiki dua cara untuk membangun kedisiplinan belajar siswa yaitu melalui
kegiatan keagamaan dan kegiatan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan (1) Bagaimana relevansi Full Day School dalam membangun
kedisiplinan belajar siswa di MAN 3 Kediri Kabupaten Kediri (2) Apa saja faktor
pendukung dan penghambat Relevansi Full Day School dalam membangun
kedisiplinan belajar siswa di MAN 3 Kediri Kabupaten Kediri
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya
adalah studi kasus. Penelitian dilakukan di MAN 3 Kediri Kabupaten Kediri.
Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dengan
kepala MAN 3 Kediri Kabupaten Kediri, wakil kepala bagian kurikulum, wakil
kepala bagian kesiswaan, guru, guru (Bimbingan Konseling) BK, dan siswa MAN
3 Kediri Kabupaten Kediri, dan mengumpulkan dokumentasi yang diperlukan
dalam penelitian ini.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Bagaimana relevansi Full
Day School dalam membangun kedisiplinan belajar siswa di MAN 3 Kediri
Kabupaten Kediri. Full Day School yang ada di MAN 3 Kediri Kabupaten Kediri
dalam membangun kedisiplinan belajar siswa melalui dua kegiatan yaitu kegiatan
keagamaan dan kegiatan sosial yang masih berjalan dengan cukup baik. (2) Apa
saja faktor pendukung dan penghambat Relevansi Full Day School dalam
membangun kedisiplinan belajar siswa di MAN 3 Kediri. adanya faktor
pendukung seperti: Adanya sosialiasi tata tertib sejak masa ta’aruf siswa
madrasah, Adanya Kegiatan Ekstrakulikuler pramuka wajib yang bertujuan untuk
melatih kedisplinan belajar siswa. Akan tetapi dalam penerapan Full Day School
dalam membangun kedisiplinan belajar siswa MAN 3 Kediri juga memiliki faktor
penghambat seperti : Kurangnya pengawasan dari orang tua, pengaruh media
masa dan game online. |
id |
IOS6979.2030 |
institution |
IAIN Kediri |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id ptki.onesearch.id |
institution_id |
2572 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan IAIN Kediri |
library_id |
2008 |
collection |
etheses IAIN Kediri |
repository_id |
6979 |
subject_area |
pendidikan ekonomi dan bisnis syariah dakwah |
city |
KOTA KEDIRI |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS6979 |
first_indexed |
2021-03-26T11:52:02Z |
last_indexed |
2021-03-26T11:52:02Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1695295578480574464 |
score |
17.538404 |