ctrlnum 2029
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.iainkediri.ac.id/2029/</relation><title>Efektivitas Penggunaan Unit Kegiatan Belajar&#xD; Mandiri Dalam Meningkatkan Self Regulated Learning Siswa Di SMAN 1 Grogol.</title><creator>Akiko, Siti Rofiatul</creator><subject>130303 Education Assessment and Evaluation</subject><description>UKBM merupakan satuan pelajaran kecil yang disusun secara berurutan&#xD; dari yang mudah sampai yang sukar. Satuan pelajaran tersebut merupakan&#xD; pelabelan penguasaan belajar siswa terhadap pengetahuan dan keterampilan yang&#xD; disusun menjadi unit-unit kegiatan belajar berdasarkan pemetaan Kompetensi&#xD; Dasar. Isi UKBM mengutamakan pemberian stimulus belajar yang&#xD; memungkinkan tumbuhnya kemandirian dan pengalaman siswa untuk terlibat&#xD; secara aktif dalam penguasaan kompetensi secara utuh melalui pembelajaran yang&#xD; berpusat pada siswa yang mendorong kemampuan berpikir tingkat tinggi.&#xD; Penerapan UKBM dalam sistem SKS mengharuskan siswa untuk mengerjakan&#xD; UKBM secara tuntas, sebab UKBM merupakan tolak ukur siswa untuk&#xD; melangkah pada semester selanjutnya. Secara tidak langsung, UKBM&#xD; memberikan stimulasi terhadap self regulated learning masing-masing siswa.&#xD; Semakin efektif penggunaan UKBM, semakin tinggi pula self regulated learning&#xD; siswa. SMAN 1 Grogol sejak tahun ajaran 2018 sudah secara aktif menerapkan&#xD; sistem SKS dan menggunakan UKBM dalam kegiatan pembelajarannya.&#xD; Berangkat dari hal tersebut peneliti ingin mengetahui lebih lanjut mengenai&#xD; apakah penggunaan UKBM efektif dalam meningkatkan self regulated learning&#xD; siswa di SMAN 1 Grogol.&#xD; Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian&#xD; eksperimen posttest-only control group design. pada penelitian ini terdapat 40&#xD; responden yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol, SMAN 1 Grogol&#xD; sebagai kelas eksperimen dan SMAN 1 Purwoasri sebagai kelas kontrol,&#xD; Instrumen yang digunakan ialah angket self regulated learning menggunakan&#xD; skala milik Woltres dan pengujian hipotesis menggunakan analisis Mann Whitney&#xD; U-Test yang diolah menggunakan aplikasi SPSS versi 25.0.&#xD; Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh penulis tentang&#xD; efektivitas penggunaan Unit Kegiatan Belajar Mandiri dalam meningkatkan Self&#xD; Regulated Learning siswa di SMAN 1 Grogol, diperoleh data sebagai berikut:&#xD; rerata nilai self regulated learning siswa kelas eksperimen ialah 310,40 dan rerata&#xD; nilai self regulated learning siswa kelas kontrol sebesar 225,75. Setalah&#xD; dikonversikan pada true score, self regulated learning kelas eksperimen masuk&#xD; pada kategori tinggi, sedangkan kelas kontrol masuk pada kategori sedang. Dan&#xD; berdasarkan hasil analisis uji mann whitney, nilai signifikansi sebesar 0,000 &lt;&#xD; 0,05. Maka terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas&#xD; kontrol sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, maka penggunaan Unit Kegiatan&#xD; Belajar Mandiri efektif dalam meningkatkan self regulated learning siswa di&#xD; SMAN 1 Grogol.</description><date>2020</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2029/1/932121116_pra%20bab.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2029/2/932121116_bab%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2029/3/932121116_bab%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2029/4/932121116_bab%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2029/5/932121116_bab%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2029/6/932121116_bab%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2029/7/932121116_bab%206.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2029/8/932121116_daftar%20pustaka.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2029/9/932121116_lampiran.pdf</identifier><identifier> Akiko, Siti Rofiatul (2020) Efektivitas Penggunaan Unit Kegiatan Belajar Mandiri Dalam Meningkatkan Self Regulated Learning Siswa Di SMAN 1 Grogol. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri. </identifier><recordID>2029</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Akiko, Siti Rofiatul
title Efektivitas Penggunaan Unit Kegiatan Belajar Mandiri Dalam Meningkatkan Self Regulated Learning Siswa Di SMAN 1 Grogol
publishDate 2020
topic 130303 Education Assessment and Evaluation
url http://etheses.iainkediri.ac.id/2029/1/932121116_pra%20bab.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/2029/2/932121116_bab%201.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/2029/3/932121116_bab%202.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/2029/4/932121116_bab%203.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/2029/5/932121116_bab%204.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/2029/6/932121116_bab%205.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/2029/7/932121116_bab%206.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/2029/8/932121116_daftar%20pustaka.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/2029/9/932121116_lampiran.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/2029/
contents UKBM merupakan satuan pelajaran kecil yang disusun secara berurutan dari yang mudah sampai yang sukar. Satuan pelajaran tersebut merupakan pelabelan penguasaan belajar siswa terhadap pengetahuan dan keterampilan yang disusun menjadi unit-unit kegiatan belajar berdasarkan pemetaan Kompetensi Dasar. Isi UKBM mengutamakan pemberian stimulus belajar yang memungkinkan tumbuhnya kemandirian dan pengalaman siswa untuk terlibat secara aktif dalam penguasaan kompetensi secara utuh melalui pembelajaran yang berpusat pada siswa yang mendorong kemampuan berpikir tingkat tinggi. Penerapan UKBM dalam sistem SKS mengharuskan siswa untuk mengerjakan UKBM secara tuntas, sebab UKBM merupakan tolak ukur siswa untuk melangkah pada semester selanjutnya. Secara tidak langsung, UKBM memberikan stimulasi terhadap self regulated learning masing-masing siswa. Semakin efektif penggunaan UKBM, semakin tinggi pula self regulated learning siswa. SMAN 1 Grogol sejak tahun ajaran 2018 sudah secara aktif menerapkan sistem SKS dan menggunakan UKBM dalam kegiatan pembelajarannya. Berangkat dari hal tersebut peneliti ingin mengetahui lebih lanjut mengenai apakah penggunaan UKBM efektif dalam meningkatkan self regulated learning siswa di SMAN 1 Grogol. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen posttest-only control group design. pada penelitian ini terdapat 40 responden yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol, SMAN 1 Grogol sebagai kelas eksperimen dan SMAN 1 Purwoasri sebagai kelas kontrol, Instrumen yang digunakan ialah angket self regulated learning menggunakan skala milik Woltres dan pengujian hipotesis menggunakan analisis Mann Whitney U-Test yang diolah menggunakan aplikasi SPSS versi 25.0. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh penulis tentang efektivitas penggunaan Unit Kegiatan Belajar Mandiri dalam meningkatkan Self Regulated Learning siswa di SMAN 1 Grogol, diperoleh data sebagai berikut: rerata nilai self regulated learning siswa kelas eksperimen ialah 310,40 dan rerata nilai self regulated learning siswa kelas kontrol sebesar 225,75. Setalah dikonversikan pada true score, self regulated learning kelas eksperimen masuk pada kategori tinggi, sedangkan kelas kontrol masuk pada kategori sedang. Dan berdasarkan hasil analisis uji mann whitney, nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Maka terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, maka penggunaan Unit Kegiatan Belajar Mandiri efektif dalam meningkatkan self regulated learning siswa di SMAN 1 Grogol.
id IOS6979.2029
institution IAIN Kediri
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 2572
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Kediri
library_id 2008
collection etheses IAIN Kediri
repository_id 6979
subject_area pendidikan
ekonomi dan bisnis
syariah
dakwah
city KOTA KEDIRI
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6979
first_indexed 2021-03-26T11:52:02Z
last_indexed 2021-03-26T11:52:02Z
recordtype dc
_version_ 1695295578475331584
score 17.538404