Efektivitas Penggunaan Unit Kegiatan Belajar Mandiri Dalam Meningkatkan Self Regulated Learning Siswa Di SMAN 1 Grogol
ctrlnum |
2029 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.iainkediri.ac.id/2029/</relation><title>Efektivitas Penggunaan Unit Kegiatan Belajar
Mandiri Dalam Meningkatkan Self Regulated Learning Siswa Di SMAN 1 Grogol.</title><creator>Akiko, Siti Rofiatul</creator><subject>130303 Education Assessment and Evaluation</subject><description>UKBM merupakan satuan pelajaran kecil yang disusun secara berurutan
dari yang mudah sampai yang sukar. Satuan pelajaran tersebut merupakan
pelabelan penguasaan belajar siswa terhadap pengetahuan dan keterampilan yang
disusun menjadi unit-unit kegiatan belajar berdasarkan pemetaan Kompetensi
Dasar. Isi UKBM mengutamakan pemberian stimulus belajar yang
memungkinkan tumbuhnya kemandirian dan pengalaman siswa untuk terlibat
secara aktif dalam penguasaan kompetensi secara utuh melalui pembelajaran yang
berpusat pada siswa yang mendorong kemampuan berpikir tingkat tinggi.
Penerapan UKBM dalam sistem SKS mengharuskan siswa untuk mengerjakan
UKBM secara tuntas, sebab UKBM merupakan tolak ukur siswa untuk
melangkah pada semester selanjutnya. Secara tidak langsung, UKBM
memberikan stimulasi terhadap self regulated learning masing-masing siswa.
Semakin efektif penggunaan UKBM, semakin tinggi pula self regulated learning
siswa. SMAN 1 Grogol sejak tahun ajaran 2018 sudah secara aktif menerapkan
sistem SKS dan menggunakan UKBM dalam kegiatan pembelajarannya.
Berangkat dari hal tersebut peneliti ingin mengetahui lebih lanjut mengenai
apakah penggunaan UKBM efektif dalam meningkatkan self regulated learning
siswa di SMAN 1 Grogol.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian
eksperimen posttest-only control group design. pada penelitian ini terdapat 40
responden yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol, SMAN 1 Grogol
sebagai kelas eksperimen dan SMAN 1 Purwoasri sebagai kelas kontrol,
Instrumen yang digunakan ialah angket self regulated learning menggunakan
skala milik Woltres dan pengujian hipotesis menggunakan analisis Mann Whitney
U-Test yang diolah menggunakan aplikasi SPSS versi 25.0.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh penulis tentang
efektivitas penggunaan Unit Kegiatan Belajar Mandiri dalam meningkatkan Self
Regulated Learning siswa di SMAN 1 Grogol, diperoleh data sebagai berikut:
rerata nilai self regulated learning siswa kelas eksperimen ialah 310,40 dan rerata
nilai self regulated learning siswa kelas kontrol sebesar 225,75. Setalah
dikonversikan pada true score, self regulated learning kelas eksperimen masuk
pada kategori tinggi, sedangkan kelas kontrol masuk pada kategori sedang. Dan
berdasarkan hasil analisis uji mann whitney, nilai signifikansi sebesar 0,000 <
0,05. Maka terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas
kontrol sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, maka penggunaan Unit Kegiatan
Belajar Mandiri efektif dalam meningkatkan self regulated learning siswa di
SMAN 1 Grogol.</description><date>2020</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2029/1/932121116_pra%20bab.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2029/2/932121116_bab%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2029/3/932121116_bab%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2029/4/932121116_bab%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2029/5/932121116_bab%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2029/6/932121116_bab%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2029/7/932121116_bab%206.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2029/8/932121116_daftar%20pustaka.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2029/9/932121116_lampiran.pdf</identifier><identifier> Akiko, Siti Rofiatul (2020) Efektivitas Penggunaan Unit Kegiatan Belajar Mandiri Dalam Meningkatkan Self Regulated Learning Siswa Di SMAN 1 Grogol. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri. </identifier><recordID>2029</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Akiko, Siti Rofiatul |
title |
Efektivitas Penggunaan Unit Kegiatan Belajar
Mandiri Dalam Meningkatkan Self Regulated Learning Siswa Di SMAN 1 Grogol |
publishDate |
2020 |
topic |
130303 Education Assessment and Evaluation |
url |
http://etheses.iainkediri.ac.id/2029/1/932121116_pra%20bab.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/2029/2/932121116_bab%201.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/2029/3/932121116_bab%202.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/2029/4/932121116_bab%203.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/2029/5/932121116_bab%204.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/2029/6/932121116_bab%205.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/2029/7/932121116_bab%206.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/2029/8/932121116_daftar%20pustaka.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/2029/9/932121116_lampiran.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/2029/ |
contents |
UKBM merupakan satuan pelajaran kecil yang disusun secara berurutan
dari yang mudah sampai yang sukar. Satuan pelajaran tersebut merupakan
pelabelan penguasaan belajar siswa terhadap pengetahuan dan keterampilan yang
disusun menjadi unit-unit kegiatan belajar berdasarkan pemetaan Kompetensi
Dasar. Isi UKBM mengutamakan pemberian stimulus belajar yang
memungkinkan tumbuhnya kemandirian dan pengalaman siswa untuk terlibat
secara aktif dalam penguasaan kompetensi secara utuh melalui pembelajaran yang
berpusat pada siswa yang mendorong kemampuan berpikir tingkat tinggi.
Penerapan UKBM dalam sistem SKS mengharuskan siswa untuk mengerjakan
UKBM secara tuntas, sebab UKBM merupakan tolak ukur siswa untuk
melangkah pada semester selanjutnya. Secara tidak langsung, UKBM
memberikan stimulasi terhadap self regulated learning masing-masing siswa.
Semakin efektif penggunaan UKBM, semakin tinggi pula self regulated learning
siswa. SMAN 1 Grogol sejak tahun ajaran 2018 sudah secara aktif menerapkan
sistem SKS dan menggunakan UKBM dalam kegiatan pembelajarannya.
Berangkat dari hal tersebut peneliti ingin mengetahui lebih lanjut mengenai
apakah penggunaan UKBM efektif dalam meningkatkan self regulated learning
siswa di SMAN 1 Grogol.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian
eksperimen posttest-only control group design. pada penelitian ini terdapat 40
responden yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol, SMAN 1 Grogol
sebagai kelas eksperimen dan SMAN 1 Purwoasri sebagai kelas kontrol,
Instrumen yang digunakan ialah angket self regulated learning menggunakan
skala milik Woltres dan pengujian hipotesis menggunakan analisis Mann Whitney
U-Test yang diolah menggunakan aplikasi SPSS versi 25.0.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh penulis tentang
efektivitas penggunaan Unit Kegiatan Belajar Mandiri dalam meningkatkan Self
Regulated Learning siswa di SMAN 1 Grogol, diperoleh data sebagai berikut:
rerata nilai self regulated learning siswa kelas eksperimen ialah 310,40 dan rerata
nilai self regulated learning siswa kelas kontrol sebesar 225,75. Setalah
dikonversikan pada true score, self regulated learning kelas eksperimen masuk
pada kategori tinggi, sedangkan kelas kontrol masuk pada kategori sedang. Dan
berdasarkan hasil analisis uji mann whitney, nilai signifikansi sebesar 0,000 <
0,05. Maka terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas
kontrol sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, maka penggunaan Unit Kegiatan
Belajar Mandiri efektif dalam meningkatkan self regulated learning siswa di
SMAN 1 Grogol. |
id |
IOS6979.2029 |
institution |
IAIN Kediri |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id ptki.onesearch.id |
institution_id |
2572 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan IAIN Kediri |
library_id |
2008 |
collection |
etheses IAIN Kediri |
repository_id |
6979 |
subject_area |
pendidikan ekonomi dan bisnis syariah dakwah |
city |
KOTA KEDIRI |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS6979 |
first_indexed |
2021-03-26T11:52:02Z |
last_indexed |
2021-03-26T11:52:02Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1695295578475331584 |
score |
17.538404 |