Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Kebiasaan Shalat Berjama'ah di SMP Negeri 1 Mojo Kediri
Daftar Isi:
- Mengenai pembiasaan shalat, Rasulullah melalui hadis yang diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud berpesan kepada orang tua untuk memerintahkan anak mengerjakan shalat sejak masih kecil. Namun ketika berada di sekolah, guru sebagai orang tua anak di sekolah memiliki tanggung jawab untuk memerintahkan shalat kepada mereka. Penelitian ini akan membahas tentang 1) Pelaksanaan kegiatan Shalat Berjamaah di SMP Negeri 1 Mojo; 2) Bentuk-bentuk kegiatan guru dalam menanamkan kebiasaan shalat berjamaah; 3) Hasil pembiasaan shalat berjamaah di SMP Negeri 1 Mojo Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian lapangan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian ini adalah: 1) Pelaksanaan kegiatan shalat berjamaah di SMP Negeri 1 Mojo tergabung dengan jam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, terdiri dari shalat dhuha dan shalat dzuhur. 2) Bentuk-bentuk kegiatan guru dalam menanamkan kebiasaan shalat berjamaah antara lain melalui praktik secara langsung; absensi yang didukung dengan penghargaan dan hukuman; kultum; nasihat atau doktrin, teladan, dan kartu prestasi. 3) Hasil dari pembiasaan shalat berjamaah meliputi ; peserta didik mau belajar shalat dengan benar, hampir semua peserta didik absen shalatnya penuh, peserta didik mulai mengetahui pentingnya shalat, terbiasa mengerjakan shalat berjamaah, dan senang dengan adanya kegiatan shalat berjamaah