Daftar Isi:
  • SMK NU Pace Nganjuk merupakan sekolah berbasis ke-NU-an dibawah naungan LP Ma’arif. SMK NU Pace Nganjuk adalah sekolah yang sangat mengedepankan nilai-nilai ajaran ke-NU-an, bahkan terdapat banyak kegiatan yang diterapkan guna mencetak lulusan yang mempunyai jiwa Ahlusunnah Waljamaah. Dalam mewujudkan siswa yang mempunyai karakter ke-NU-an, SMK NU Pace Nganjuk membuat metode atau cara yang terstruktur, hal ini dapat dilihat mulai awal masuk di SMK NU Pace Nganjuk, peserta didik di berikan tes masuk dan tes kelulusan. Selain itu juga kegiatan pendukung, penanaman melalui pemahaman, pembiasaan dan keteladanan. Fokus penelitiannya adalah; 1.) Bagaimana penanaman pendidikan karakter melalui nilai-nilai ke-NU-an di SMK NU Pace Nganjuk? 2.) Apa kegiatan yang mendukung dalam penguatan nilai-nilai ke-NU-an di SMK NU Pace Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis penelitian deskriptif, dimana kehadiran peneliti sangat diperlukan. Sumber data utama penelitian kualitatif adalah kata-kata dan tindakan, selebihnya adalah data tambahan seperti dokumen. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi Dalam penenelitian ini ada dua temuan penting yaitu 1.) penanaman pendidikan karakter melalui nilai-nilai ke-NU-an di SMK NU Pace Nganjuk, yang dilakukan dengan tiga metode yang diantaranya, metode pemahaman, metode pembiasaan dan metode keteladanan, 2.) kegiatan yang mendukung dalam penguatan nilainilai ke-NU-an di SMK NU Pace Nganjuk berupa pembiasaan rutin secara terjadwal yaitu, tahlil, istighasah, shalat dhuha, shalawat, ziarah kubur keorganisasian IPNU dan sebagainnya.