ctrlnum 195
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.iainkediri.ac.id/195/</relation><title>Kebijakan Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Kurikulum Di SMP Boarding School Mamba&#x2019;us Sholikin 2 Blitar</title><creator>Abdullah, Mochamad Muis</creator><subject>130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development</subject><subject>130303 Education Assessment and Evaluation</subject><subject>130304 Educational Administration, Management and Leadership</subject><description>Kebijakan adalah suatu yang sangat mendasar karena terkait akan dibawa kemana sebuah institusi sekolah tersebut, hal yang paling utamanya kebijakan kepala sekolah dalam pengembangan kurikulum, sekolah akan berhasil manakala kurikulum yang diterapkan sesuai dengan kebijakan yang telah disepakati bersama dan kurikulum tersebut dilasanakan untuk memenuhi kebutuhan yang ada dimasyarakat, Dalam pengembangan kurikulum di sekolah SMP Boarding School Mamba&#x2019;us Sholikin 2 Blitar ini kurikulum yang ditekankan ialah muatan lokal dalam pembahasan kurikum kitab kuning seperti ilmu nahwu, shorof dan pembelajan kitanb kuning yang lainnnya. Adapun tujuan diadakannya penelitian ini ialah: 1. Untuk mengetahu kebijakan kepala sekolah dalam pengembangan kurikulum di sekolah SMP Boarding School Mamba&#x2019;us Sholikin 2 Blitar, 2. Untuk mengetahui pelaksanaan kepala sekolah dalam implementasi pengembangan kurikulum d di sekolah SMP Boarding School Mamba&#x2019;us Sholikin 2 Blitar, 3. Untuk mengetahui pelaksanaan kepala sekolah dalam evaluasi pengembangan kurikulum di sekolah SMP Boarding School Mamba&#x2019;us Sholikin 2 Blitar. &#xD; &#xD; Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus untuk mengumpulkan data penelitian, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangakan untuk menganalisis data, peneliti menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, untuk pengecekan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi, tahap-tahap penelitian melalui tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, analisis data dan tahap penulisan laporan. &#xD; &#xD; Dalam hasil penelitian deskriptif menunjukkan bahwa: 1. Kebijakan kepala sekolah dalam hal pengembangan kurikulum yakni pada sekolah SMP boarding school Mamba&#x2019;us Sholikin ini pengembangan kurikulum muatan lokal yang berasaskan kitab kuning. 2. Pembentukan tim khusus yang membuat perangkat pembelajaran kitab kuning. 3. Metode yang digunakan ialah metodemetode seperti pondok pesantren salaf dan lain sebagainya. 4. Dalam pembelajaran Al Qur&#x2019;an pada SMP boarding school ini mengundang pendidik yang berasal dari institusi lain yakni pondok pesantren Bustanul Muta&#x2019;allimat Kota Blitar.</description><date>2017</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/195/1/1.%20SAMPUL_Halaman%20Persetujuan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/195/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/195/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/195/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/195/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/195/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/195/7/BAB%20VI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/195/8/PEDOMAN%20WAWANCARA_BUKU%201%20KTSP%20SMP%20MAMBA%27US%202017.pdf</identifier><identifier> Abdullah, Mochamad Muis (2017) Kebijakan Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Kurikulum Di SMP Boarding School Mamba&#x2019;us Sholikin 2 Blitar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri. </identifier><recordID>195</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Abdullah, Mochamad Muis
title Kebijakan Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Kurikulum Di SMP Boarding School Mamba’us Sholikin 2 Blitar
publishDate 2017
topic 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
130303 Education Assessment and Evaluation
130304 Educational Administration
Management and Leadership
url http://etheses.iainkediri.ac.id/195/1/1.%20SAMPUL_Halaman%20Persetujuan.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/195/2/BAB%20I.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/195/3/BAB%20II.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/195/4/BAB%20III.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/195/5/BAB%20IV.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/195/6/BAB%20V.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/195/7/BAB%20VI.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/195/8/PEDOMAN%20WAWANCARA_BUKU%201%20KTSP%20SMP%20MAMBA%27US%202017.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/195/
contents Kebijakan adalah suatu yang sangat mendasar karena terkait akan dibawa kemana sebuah institusi sekolah tersebut, hal yang paling utamanya kebijakan kepala sekolah dalam pengembangan kurikulum, sekolah akan berhasil manakala kurikulum yang diterapkan sesuai dengan kebijakan yang telah disepakati bersama dan kurikulum tersebut dilasanakan untuk memenuhi kebutuhan yang ada dimasyarakat, Dalam pengembangan kurikulum di sekolah SMP Boarding School Mamba’us Sholikin 2 Blitar ini kurikulum yang ditekankan ialah muatan lokal dalam pembahasan kurikum kitab kuning seperti ilmu nahwu, shorof dan pembelajan kitanb kuning yang lainnnya. Adapun tujuan diadakannya penelitian ini ialah: 1. Untuk mengetahu kebijakan kepala sekolah dalam pengembangan kurikulum di sekolah SMP Boarding School Mamba’us Sholikin 2 Blitar, 2. Untuk mengetahui pelaksanaan kepala sekolah dalam implementasi pengembangan kurikulum d di sekolah SMP Boarding School Mamba’us Sholikin 2 Blitar, 3. Untuk mengetahui pelaksanaan kepala sekolah dalam evaluasi pengembangan kurikulum di sekolah SMP Boarding School Mamba’us Sholikin 2 Blitar. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus untuk mengumpulkan data penelitian, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangakan untuk menganalisis data, peneliti menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, untuk pengecekan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi, tahap-tahap penelitian melalui tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, analisis data dan tahap penulisan laporan. Dalam hasil penelitian deskriptif menunjukkan bahwa: 1. Kebijakan kepala sekolah dalam hal pengembangan kurikulum yakni pada sekolah SMP boarding school Mamba’us Sholikin ini pengembangan kurikulum muatan lokal yang berasaskan kitab kuning. 2. Pembentukan tim khusus yang membuat perangkat pembelajaran kitab kuning. 3. Metode yang digunakan ialah metodemetode seperti pondok pesantren salaf dan lain sebagainya. 4. Dalam pembelajaran Al Qur’an pada SMP boarding school ini mengundang pendidik yang berasal dari institusi lain yakni pondok pesantren Bustanul Muta’allimat Kota Blitar.
id IOS6979.195
institution IAIN Kediri
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 2572
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Kediri
library_id 2008
collection etheses IAIN Kediri
repository_id 6979
subject_area pendidikan
ekonomi dan bisnis
syariah
dakwah
city KOTA KEDIRI
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6979
first_indexed 2019-03-28T03:33:29Z
last_indexed 2021-03-26T11:51:09Z
recordtype dc
_version_ 1695295565187776512
score 17.538404